PVMBG tak Bisa Pastikan Kebenaran Isu Gunung Agung Meletus

PVMBG tak Bisa Pastikan Kebenaran Isu Gunung Agung Meletus
Foto: AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKA

Riauaktual.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tidak dapat memastikan kebenaran bahwa Gunung Agung, Bali, akan meletus pada Ahad (24/9) malam ini.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, menanggapi beredarnya isu bahwa Gunung Agung akan meletus malam ini, PVMBG tidak dapat memastikan kebenarannya. "Karena ramalan tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang berbeda dengan apa yang dilakukan oleh PVMBG dalam memahami aktivitas gunung api," katanya seperti dalam keterangan tertulis sebagaimana dikutip dari Republika.co.id, Ahad (24/9).

PVMBG, kata Kasbani, melihat tanda-tanda aktivitas gunung api melalui pengamatan secara menerus (24 jam per hari) secara visual maupun instrumental. Analisis terakhir PVMBG mengindikasikan bahwa energi kegempaan vulkanik Gunung Agung terus meningkat dan memiliki potensi untuk meletus.

"Namun demikian, baik PVMBG maupun seluruh ahli gunung api di dunia yang mempelajari aktivitas gunung api secara ilmiah, belum ada satu pun yang mampu memastikan kapan letusan akan terjadi," jelas Kasbani.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index