Mau Kerja Lebih Produktif? Jangan Lupa Dengarkan Musik hingga Santai Sejenak

Mau Kerja Lebih Produktif? Jangan Lupa Dengarkan Musik hingga Santai Sejenak
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Ada ribuan aplikasi yang menjanjikan akan membantu Anda meningkatkan produktivitas dan kinerja Anda.Namun, kadang-kadang semua yang diperlukan untuk meningkatkan fokus adalah perubahan pada kebiasaan dan lingkungan kerja.

Berikut adalah 12 tips sederhana untuk meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja.

1. Rapikan ruang kerja

Sebelum Anda mulai beraktivitas, ambil beberapa saat untuk merapikan dan membersihkan ruang kerja Anda. Memiliki lingkungan kerja yang tertata, membantu Anda berpikir lebih jelas dan menghasilkan kinerja lebih baik. Dengan membersihkan dan mengatur ruangan kerja, Anda juga membuat efisiensi waktu untuk mencari sebuah barang apabila diperlukan.

2. Tambahkan warna atau tanaman hidup

Warna memiliki pengaruh yang besar pada suasana hati dan produktivitas sepanjang hari. Misalnya, warna biru yang mampu menciptakan perasaan tenang sehingga meningkatkan fokus. Sementara warna merah sangat cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan ketepatan dan perhatian terhadap detail.

Selain warna yang sesuai, ternyata tanaman juga dapat membantu meningkatkan fokus. Sebuah, studi dari Washington State University menemukan bahwa pekerja yang menaruh tanaman di jendela ruang kerja cenderung tidak stres dan lebih produktif.

3. Menghias ruang kerja Anda

Selain warna dan tanaman hidup, beberapa pernak-pernik pribadi di ruang kerja, juga dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dan santai, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas. Pernak pernik yang bersifat memorabilia, seperti kelulusan dan penghargaan, membuat Anda merasa sukses dan dihargai.

4. Kerjakan tugas paling sulit di awal

Setiap orang memiliki setidaknya satu tugas diakhirkan, lantara pekerjaannya terlalu sulit.

Namun, sebenarnya Anda harus mencoba menuntaskan tugas tersebut di awal, daripada menunggu sampai menit terakhir untuk menyelesaikannya. Dengan selesainya tugas yang paling rumit, maka tugas-tugas lainnya akan terlihat lebih mudah, dan cepat selesai.

5. Memprioritaskan dan mendelegasikan tugas-tugas

Fokuskan untuk mengerjakan tugas yang paling penting, jadi singkirkan pikiran terkait hal - hal yang bersifat sepel lainnya. Jika terlalu banyak tugas penting yang harus dilakukan dalam waktu bersamaan, maka cobalah untuk mendelegasikan karyawan sehingga Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu pada hal-hal yang harus dilakukan oleh Anda langsung.

6. Matikan pemberitahuan email Anda

Daripada membaca setiap email di kotak masuk, sebaiknya Anda mencoba menonaktifkan pemberitahuan email, dan memeriksa pesan hanya pada interval tertentu. Mengapa? Notifikasi email yang muncul di ponsel atau desktop dapat mematahkan fokus Anda. Dibutuhkan setidaknya, 64 detik untuk memulihkan konsentrassinya kembali.

7. Mengambil istirahat pendek

Apakah itu berjalan di sekitar blok, atau ke toko kopi terdekat, atau sekedar membaca majalah dan mengunjungi rekan kerja, bisa menjadi alternatif untuk jeda istirahat pendek. Produktivitas akan makin berkurang, jika semakin lama Anda tidak beristirahat. inilah mengapa dianjurkan orang tidak bekerja lebih dari 8 sampai 10 jam per hari. Pada titik tertentu, tubuh dan pikiran tidak dapat lagi menghasilkan produktivitas.

8. Bergerak

Menggerakkan tubuh daripada hanya duduk terdiam selama bekerja, tidak hanya baik untuk tubuh Anda, tetapi juga bisa berdampak positif pada kinerja Anda.

Latihan fisik telah terbukti mempengaruhi kesehatan mental dan fokus. Jika ANda ingin mendapatkan pikiran yang lebih tajam dan lebih produktif, maka, cobalah untuk lari pagi atau memulai hari Anda dengan berolahraga.

9. Mendengarkan musik

Mengenakan headphone tidak selalu berarti Anda antisosial. Ketika bekerja, mendengarkan lagu favorit Anda dapat membantu Anda fokus kepada pekerjaan. Mendengarkan musik, sekaligus mengirimkan sinyal halus untuk rekan kerja Anda, bahwa Anda tidak ingin diganggu untuk sementara waktu.

10. Beralih lokasi

Jika hal ini memungkinkan, luangkan waktu selama seminggu bekerja di lingkungan yang berbeda. Perubahan pemandangan sangat membantu dalam meningkatkan produktivitas.

Anda dapat menuju ke perpustakaan atau sebuah taman kota, atau menemukan tempat yang tenang dan penuh dengan cahaya alami. Upaya ini dapat membantu memacu ide-ide baru.

11. Tuliskan tujuan sehari-hari

Tidak mudah untuk melacak hal yang perlu ANda lakukan tiap saat, sehingga mulailah setiap pagi dengan menuliskan tujuan harian.

Manfaatnya adalah, ketika kehilangan fokus, Anda dapat menggunakan daftar ini untuk tetap pada target. Tuliskan daftar target harian, di tempat yang terlihat jelas dari meja kerja Anda.

12. Stop multitasking

Mengerjakan beberapa hal sekaligus memang terlihat efektif, namun, upaya ini justru akan mengurangi produktivitas itu sendiri.

Multitasking tidak akan berfungsi dengan baik, justru akan mengurangi produktivitas Anda, sehingga beberapa pekerjaan tersebut akan terbengkalai.


(Dani Jumadil Akhir) / Okezone.com

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index