Photo : Pixabay/Pexels Ilustrasi ibu hamil.

Ayah, Ini Cara Cegah Perubahan Emosi Ibu Hamil

Jumat,25 Agustus 2017 - 04:16:49 WIB Di Baca : 3214 Kali

Riauaktual.com - Perubahan hormon saat hamil, memicu terjadinya naik turun secara emosi yang dirasakan para ibu hamil. Hal ini cenderung membuat emosi pada ibu hamil, berubah secara kontinu dan dalam waktu singkat.

Sikap tersebut biasanya membuat kaum suami kewalahan menanganinya. Padahal, dengan cara yang cukup mudah, para suami bisa meringankan perubahan emosi sang istri saat hamil.

"Mood swing itu bisa dicegah dengan menjadi teman curhatnya sang istri. Enggak perlu repot ngasih solusi, seringnya para ibu hanya mau didengarkan saja keluhannya dan dimanja," ujar pakar Psikolog keluarga, Tara de Thouars, dalam media gathering Festival Ngidam SGM Bunda, di Aston Kuningan, Jakarta, Kamis 24 Agustus 2017.

Menurutnya, memberi dukungan dalam bentuk teman curhat, serta sedikit sentuhan fisik seperti memijat dan memeluk, sudah mampu menurunkan rasa kesal dan gelisah pada ibu hamil. Selain itu, para ayah juga disarankan untuk mengerti dengan perubahan emosi ini.

"Jangan ikutan sensitif juga saat istrinya berubah mood, nanti malah berantem. Sebaiknya para ayah membentuk komunikasi baik, terbuka dan positif saat sang istri sudah mulai menampakan perubahan mood," tuturnya.

Tidak hanya itu, dengan kehadiran para suami, juga membuat sang istri merasa tidak sendirian menjalani kehamilan. Sebab, proses kehamilan harus disiapkan sejak dini dari pasangan suami dan istrinya.

"Saat cek ke dokter, misalkan, ayah sebaiknya mendampingi agar tahu proses tumbuh kembang janinnya. Di sisi lain, ibu juga merasa mendapat dukungan penuh dengan kehadiran suami," kata dia.


Sumber : viva.co.id

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com