Wow, Mobil Ini Bisa Bukukan Konsumsi BBM Mendekati 40 Km/Liter!

Wow, Mobil Ini Bisa Bukukan Konsumsi BBM Mendekati 40 Km/Liter!

Riauaktual.com - Produsen mobil berlomba-lomba membuat mobil yang lebih irit BBM (Bahan Bakar Minyak). Di arena GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) rupanya sudah ada mobil yang sanggup menembus angka konsumsi BBM mendekati 40 km per liter.

Mobil itu adalah Nissan Note e-Power. Sayang mobil belum dijual di Indonesia, namun di Jepang mobil sudah menjadi mobil paling populer berkat keiritannya dan teknologinya.

Nissan Note e-Power sejatinya adalah sebuah mobil listrik. Namun mobil itu dilengkapi dengan mesin bensin. Mobil 100 persen berbeda dengan mobil hybrid yang memadukan performa motor listrik dan mesin bensin untuk menggerakkan roda. Note e-Power sepenuhnya menggunakan motor listrik saja. Jadi mesin bensin kecilnya hanya untuk mengisi baterai lewat generator.

General Manager R&D PT Nissan Motor Indonesia Masayuki Ohsugi di arena GIIAS, ICE, BSD City, Tangerang menjelaskan berkat e-Power konsumsi BBM mobil bisa mencapai 37,2 km per liter untuk model standar, sedangkan untuk model yang lebih premium mencapai 34 km per liter.

"e-Power membuat mobil Note memiliki akselerasi yang sama seperti mobil sport 2.0 liter turbo. Kebisingannya pun sama seperti model-model yang lebih mewah seperti misalnya Nissan Teana atau X-Trail," ujarnya.

Mobil bisa memiliki akselerasi sekuat mobil 2.0 liter turbo karena Note e-Power hanya menggunakan motor listrik untuk menggerakkan roda. Motor listrik seperti kita ketahui memiliki torsi yang besar sehingga menghasilkan respons yang cepat dan mulus.

"Pada saat pengurangan kecepatan, mesin kemudian berhenti dan daya regeneratifnya digunakan untuk mengisi baterai sampai kendaraan benar-benar berhenti. Hal ini menyebabkan tidak terjadinya pembuangan energi yang sia-sia selama pengurangan kecepatan," ujar Ohsugi.


Sumber : detikOto

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index