Mandi Malam Bisa Perbaiki Kualitas Tidur, Tapi Ada Syaratnya

Mandi Malam Bisa Perbaiki Kualitas Tidur, Tapi Ada Syaratnya
Foto : Mandi malam bisa perbaiki kualitas tidur. Foto: Thinkstock

Riauaktual.com - Penatnya aktivitas usai bekerja bisa terasa lebih baik setelah 'ritual' mandi malam. Bahkan beberapa studi salah satunya yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information telah membahas dari manfaat mandi di malam hari yang mampu meningkatkan kualitas tidur. Tapi ada syaratnya ya.

Ya, dilansir dari Time, Rabu (16/8/2017), mandi di malam hari memang membantu seseorang dapat tidur lebih baik apabila menggunakan air hangat. Waktu terbaiknya pun ada.

Dianjurkan Shelby Harris, direktur pengobatan perilaku tidur dari New York's Montefiore Medical Center, sebaiknya mandi air panas dilakukan satu setengah jam sebelum tidur. Hmm tapi, mengapa harus air panas ya?

Itu karena suhu tubuh berperan penting dalam mengatur ritme sirkadian, yang memberitahu tubuh tentang rasa kantuk. Pada siang hari, suhu tubuh alaminya naik sampai sore hari. Sesudahnya suhu akan turun secara perlahan.

"Pendinginan adalah sinyal yang mengatakan bahwa kita seharusnya tidur," ujar Harris.

Nah, karena itu lah, waktu terbaik untuk mandi adalah pada saat sore menjelang malam. Jika terlalu malam, dikhawatirkan ini akan membuat tubuh terasa segar lebih lama dan waktu beristirahat menjadi berkurang.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index