TERUNGKAP! Pramugari Lebih Suka Layani Penumpang Kelas Ekonomi

TERUNGKAP! Pramugari Lebih Suka Layani Penumpang Kelas Ekonomi
Pramugari (Foto: Thenypost)

Riauaktual.com - Perbedaan kelas ekonomi dan kelas bisnis dalam penerbangan menunjukkan perbedaan pelayanan yang akan diterima. Tentunya kelas bisnis mendapat komplimen yang lebih baik dibandingkan penumpang pada kelas bisnis.

Namun bagaimana dengan pandangan pramugari? Apakah mereka lebih suka melayani segelintir orang mewah di kelas bisnis atau kelas satu?

Ternyata jawabannya adalah tidak juga. Pramugari justru lebih senang bekerja dan melayani penumpang di kelas ekonomi. Meski banyak perusahaan penerbangan yang memiliki sistem promosi dengan memulai karier dari melayani kelas ekonomi dan naik ke kelas bisnis atau kelas satu. Ada pula perusahaan yang membiarkan kru memilih sendiri di kelas mana dia ingin bekerja.

Namun pramugari lebih memilih bekerja di kelas ekonomi karena menurut catatan beberapa pramugari, melayani 10 orang di kabin mewah berarti memberikan mereka pekerjaan yang lebih sulit daripada melayani ratusan penumpang di kursi ekonomi.

Hal ini juga dirasakan oleh mantan anggota awak kabin Heather Wilde. Ia mengatakan bahwa ketika bekerja di kelas ekonomi, semuanya berjalan lancar. Para awak kabin senior di pesawat akan menangani semua pengumuman, dokumen dan stok, dan juga tugas untuk menyelesaikan layanan makanan dan minuman serta memeriksa lorong. Berbeda dengan layanan pada kelas bisnis atau kelas satu.

“Dalam pengalaman kelas satu tidak ada waktu untuk beristirahat karena Anda harus dapat memenuhi setiap penumpang setiap menit penerbangan, dan memastikan Anda masih membuat semua pengumuman yang dibutuhkan pada waktu yang tepat. Sejujurnya membuat saya merasa seperti pelayan langit,” tulis Heather dikutip dalam situs Quora dari Nypost.

Sementara awak kabin lain bernama Nuralia Mazlan mengatakan bahwa melayani 100 penumpang di kelas ekonomi lebih baik dari 16 penumpang di kelas bisnis.

“Penumpang makan dan tidak banyak mengeluh. Lalu kami mengumpulkan sampahnya dan selesai. Matikan lampu kabin dan bersiap untuk tidur,” tulisnya.

Namun terkadang pilihan ini juga berdasarkan pada rute yang akan mereka lintasi. Pada penerbangan ke Los Angeles misalnya, pengguna Reddit bernama Emmadilemma mengatakan dia lebih senang bekerja sebagai pramugari di kelas satu, kecuali di penerbangan menuju Los Angeles.

“Semua orang di pesawat ke Bandara LAX adalah seorang putri dan pantas diperlakukan seperti selebriti dalam pikiran mereka sendiri,” ujarnya.

Sementara pramugari lainnya bercerita bahwa pada penerbangan dari New York City menuju Florida, penumpang seakan ingin dianggap sebagai orang yang penting. Bahkan ada penumpang yang meminta pramugari untuk memisahkan kacang almond dari berbagai kacang yang ada dalam makanan yang disediakan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index