Piala Super Jerman

Kalahkan Dortmund Lewat Adu Penalti, Bayern Juara Piala Super Jerman

Kalahkan Dortmund Lewat Adu Penalti, Bayern Juara Piala Super Jerman
Foto: Wolfgang Rattay/REUTERS

Riauaktual.com - Dua kali Bayern Munich harus mengejar ketertinggalan dari Borussia Dortmund di Piala Super Jerman. Tapi Die Roten akhirnya malah juara lewat adu penalti.

Bertanding di Signal Iduna Park, Minggu (6/8/2017) dini hari WIB, kedua tim memulai pertandingan dengan hat-hati. Bayern yang berinisiatif menguasai jalannya pertandingan, coba membongkar pertahanan Dortmund dengan banyak memainkan bola di lini tengah.

Dortmund yang praktis bermain menunggu, justru bisa unggul lebih dulu. Pada menit ke-12, Christian Pulisic merobek gawang Sven Ulreich.

Berawal dari tendangan bebas Bayern, kesalahan dilakukan Javi Martinez saat mendapat operan Arturo Vidal. Kontrol buruk membuat bola dicuri Pulisic yang langsung menggiringnya ke depan. Tanpa kesulitan, ia menaklukkan Ulreich dengan menyontek bola ke tiang jauh.

Dortmund memimpin 1-0. Sementara pelatih Carlo Ancelotti terlihat kesal melihat Bayern melakukan kesalahan.

Tertinggal membuat Bayern tersentak. Skema terbuka coba mereka peragakan memanfaatkan kecepatan Ribery dan Lewandowski.

Di menit ke-18, gol penyeimbang bisa didapat Bayern. Lewandowski merobek gawang Roman Buerki setelah mendapat umpan manis Joshua Kimmich, yang sebelumnya lolos dari perangkap offside. Sempat dicek dengan Video Assistant Referee (VAR), gol Lewandowski tetap disahkan.

Di sisa waktu babak pertama, Bayern praktis mendominasi jalannya pertandingan. Beberapa kali Die Roten bisa mendapat peluang untuk menggandakan kedudukan. Namun hingga jeda, skor 1-1 tetap bertahan.

Di babak kedua, Bayern mesti kehilangan Martinez dan Thomas Mueller yang mengalami cedera. Dortmund memanfaatkannya dengan bisa lebih banyak memberikan tekanan.

Pada menit ke-71, Dortmund pun kembali unggul lewat Pierre Emerick-Aubameyang. Striker asal Gabon itu lolos jebakan offside saat menerima umpan terobosan Ousmane Dembele. Tanpa pengawalan ia berlari mendekati gawang dan menaklukkan Ulreich dengan sontekan lob. Dortmund memimpin 2-1.

Saat laga memasuki menit-menit akhir, Bayern menyamakan kedudukan. Di menit ke-89, tendangan bebas Sebastian Rudy menghadirkan kemelut di mulut gawang Dortmund. Kimmich lantas menendang bola yang membentur Lukas Piszczek sebelum akhirnya masuk ke gawang Buerki. Skor menjadi 2-2.

Pemenang pun mesti ditentukan lewat adu penalti. Di babak itu, Bayern keluar sebagai pemenang 5-4. Dari enam penendang, Bayern cuma sekali gagal memasukkan bola ketika sepakan Kimmich ditepis. Sementara Dortmund dua penendangnya gagal yaitu Sebastian Rode dan Marc Bartra.

Bayern pun juara Piala Super Jerman 2017/2018. Ini gelar kelima beruntun Bayern sejak 2013, sebaliknya Dortmund menjadi runner up untuk keempat kalinya dalam periode yang sama.

Selanjutnya kedua tim akan mengawali musim kompetitifnya di DFB Pokal dengan Bayern menghadapi Chemnitzer FC, sementara Dortmund ditunggu Rot-Weir Erfurt di babak pertama pekan depan.

Penendang Adu Penalti

Dortmund:

Dembele - Gol
Philipp - Gol
Aubameyang - Gol
Rode - Gagal
Castro - Gol
Bartra - Gagal

Bayern:
Lewi - Gol
Ribery - Gol
Kimmich - Gagal
Rudy - Gol
Vidal - Gol
Suele - Gol

Susunan Pemain

Borussia Dortmund: Burki, Piszczek, Papastathopoulos, Bartra, Zagadou (Passlack 77'), Dahoud (Rode 46'), Sahin, Castro, Pulisic (Philipp 90'), Dembele, Aubameyang

Bayern Munich: Ulreich, Kimmich, Martinez (Sule 60'), Hummels, Ferreira, Tolisso (Sanches 84'), Rudy, Vidal, Mueller (Coman 67'), Ribery, Lewandowski .

 

Sumber : detiksport

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index