Pengamat : Perusahaan Berperan Pangkas Kesenjangan Antara Kaya dan Miskin

Pengamat : Perusahaan Berperan Pangkas Kesenjangan Antara Kaya dan Miskin
Gubri hadiri Seminar Nasional Kemitraan Strategis untuk Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan di H Pangeran

Riauaktual.com - Peran perusahaan berperan memangkas kesenjangan antara si kaya dan miskin. Karena itu, untuk mengangkat harkat masyarakat ekonomi menengah ke bawah ini tidak melulu berasal dari pemerintah.

Demikian dikatakan pengamat Ekonomi Aviliani pada acara seminar nasional mencari model Corporate Social Responbility (CSR) sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan mengurangi kesenjangan dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang dilaksanakan di Hotel Pangeran, Senin (31/7/17).

"Ketimpangan pendapatan, bukan hanya dari bantuan pemerintah, tetapi bisa melalui CSR. Misalnya melalui pola kemitraan dari perusahaan. Ini garis besarnya," ucap Aviliani.

Menurut Aviliani, biasanya yang dipikirkan masyarakat, bagaimana mendapatkanya, bagaimana mengelolanya serta bagaimana memasarkannya. Ketiga aspek ini bagi masyarakat menengah ke bawah tentu menjadi persoalan.

Hal itu bisa diwujudkan dalam bentuk pola kemitraan yang sudah dilakukan perusahaan. Baik dalam bentuk pertanian atau pun peluang usaha lainnya, sesuai dengan situasi daerah.

"Karena itu, khusus ISEI selaku penyelenggara acara dengan menggandeng PT Sinar Mas, bagaimana dari sisi akademisi memikirkan peluang ini bisa dimanfaatkan secara maksimal. Diantaranya dengan menggandeng perusahaan dengan pola kemitraan ini," ujar Aviliani. (yai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index