Jangan Bilang Siapa-siapa! Ini yang Dilakukan Pilot di Balik Kokpit

Jangan Bilang Siapa-siapa! Ini yang Dilakukan Pilot di Balik Kokpit
Ilustrasi (Thinkstock)

Riauaktual.com -  Saat mengudara, mungkin ada traveler yang penasaran akan aktivitas pilot di balik kokpit. Jangan bilang siapa-siapa, ini yang dilakukan oleh pilot.

Penerbangan jarak jauh memang sering bikin bosan traveler, tidak terkecuali pilot yang memegang kemudi. Walau para pilot hanya 'tinggal' di ruang kokpit, tapi mereka juga melakukan aktivitas layaknya penumpang pesawat.

Penasaran, sebagaimana dikutip dari detikTravel yang berhasil merangkum sejumlah aktivitas pilot di balik kokpit. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Sabtu (29/7) inilah berbagai aktivitas pilot di kokpit yang jarang diketahui traveler.

1. Memasang Autopilot

Mungkin ada traveler yang berpikir, kalau pilot selalu memegang kemudi dan mengarahkan pesawat dari awal hingga akhir penerbangan. Nyatanya, kemajuan dunia penerbangan memungkinkan pesawat untuk terbang otomatis ke lokasi tujuan dengan program auto pilot.

Normalnya, pilot hampir selalu memasang mode auto pilot setelah pesawat lepas landas hingga sebelum pesawat mendarat. Pada momen take off dan landing, barulah pilot memegang penuh fungsi kemudi.

Lantas apa yang dilakukan pilot usai memasang mode auto pilot? Tenang saja, para pilot tetap memonitor kondisi cuaca dan berbagai faktor keselamatan pesawat selama perjalanan. Termasuk juga berkordinasi dengan pihak Menara ATC.

2. Baca koran

Seperti penumpang pada umumnya, pilot juga dipebolehkan membaca koran saat menerbangkan pesawat. Mungkin tidak semua pihak maskapai, tapi ada sejumlah maskapai yang membolehkan pilotnya untuk membaca koran.

Namun walau diperbolehkan membaca koran, maskapai tidak membolehkan pilot untuk membaca buku. Alasannya, koran dipenuhi oleh artikel pendek yang cepat dibaca. Lain halnya dengan buku yang tebal dan lebih lama dibaca.

Lagi kalau keasyikan baca buku atau tulisan berdurasi panjang, bisa-bisa pilot lupa untuk mengecek kondisi cuaca dan udara. Bisa berabe nantinya!


3. Tidur

Namanya manusia, tentu bisa lelah. Hal itu pun berlaku untuk profesi pilot. Pihak maskapai pun membolehkan pilot untuk istirahat atau tidur sejenak, baik pada penerbangan jarak pendek atau panjang.

Namun traveler tidak usah panik, pihak maskapai juga telah menetapkan sejumlah regulasi soal itu demi keamanan penumpang pesawat. Di Amerika misalnya, pilot hanya dibatasi bekerja selama delapan jam sebelum akhirnya istirahat.

Lagipula, pilot yang beristirahat tentu harus berkordinasi dengan co-pilot yang berada di balik kemudia. Intinya, harus selalu ada pilot yang standby di depan kokpit.

Selain itu, jam tidur pilot di kokpit juga dibatasi dan tidak boleh lama-lama. Tidur telalu lama dapat berdampak pada fisik dan kesiapan pilot setelah bangun.

4. Makan

Makan tentunya jadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan oleh manusia selain tidur. Seperti penumpang, pilot pun juga makan makanan yang disediakan oleh katering pesawat.

Bedanya dengan penumpang, makanan pilot adalah makanan yang disuguhkan untuk penumpang kelas bisnis atau First Class seperti diberitakan media CNN.

Makanan untuk pilot pun tentu harus bergizi. Selain demi kesehatan sang pilot, tentunya agar mereka tidak keracunan makanan. Kalau pilot kenapa-kenapa, yang repot jadi satu pesawat. Amit-amit!

Semoga artikel di atas bisa menjawab rasa penasaran traveler akan aktivitas pilot di kokpit.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index