Komnas HAM : Israel Telah Lakukan Pelanggaran Berat & Perusakan Situs Warisan Dunia

Komnas HAM : Israel Telah Lakukan Pelanggaran Berat & Perusakan Situs Warisan Dunia
Masjid Al Aqsa (Foto: Okezone)

Riauaktual.com - Komisioner Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Natalius Pigai menilai aksi brutal tentara Israel di kawasan Masjid Al Aqsa dianggap telah melakukan pelanggaran HAM berat dan pelanggaran perusakan situs warisan dunia.

“Apa pun ceritanya, penghancuran terhadap Masjid Al Aqsa yang juga sebagai warisan dunia sebagai tempat suci bagi umat Islam. Itu harusnya dijaga dipelihara sebagai tempat ritual agama yang terpenting di dunia, jadi kita harus mengecam betul,” katanya sebagaimana dikutip dari  Okezone, Kamis (27/7/2017).

Natalius mengungkapkan aksi penyerangan negara Zionis Israel terhadap warga Palestina dilatarbelakangi adanya kebencian atas ideologi dan agama yang dianut oleh rakyat Palestina, hal ini dapat dilihat dari berbagai media. Para serdadu Israel tidak segan-segan melukai bahkan membunuh warga Palestina.

“Israel sudah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan pelanggaran serius berdasarkan kebencian terhadap agama, karena ini tidak hanya sekedar penghancuran terhadap sebuah situs, ini juga atas dasar kebencian sebuah agama,” tuturnya.

Selain melanggar HAM berat, pria asal Paniai, Papua ini menegaskan bahwa Unesco tidak boleh tinggal diam atas pendudukan dan aksi-aksi para serdadu Zionis di kawasan situs warisan dunia.

“Israel melakukan pemberangusan atas situs dunia. Itu pelanggaran serius. Unesco harus bertindak karena ini berhubungan budaya, dan segera mengecam terhadap Israel,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Luar Negeri RI di depan anggota DK PBB menekankan bahwa Israel seharusnya mempertahankan status quo terkait status Yerusalem serta kompleks Masjid Al Aqsa yang juga dikenal dengan nama Bait Suci.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index