Poncharal: Perangkat Elektronik Buat Persaingan di MotoGP Jadi Seimbang

Poncharal: Perangkat Elektronik Buat Persaingan di MotoGP Jadi Seimbang
Foto : Para pembalap MotoGP 2017 (Foto: AFP)

Riauaktual.com - Bos Tim Monster Yamaha Tech 3, Herve Poncharal, coba berkomentar mengenai persaingan antara tim satelit dengan pabrikan pada kejuaraan dunia MotoGP musim 2017. Ia mengatakan bahwa persaingan tim satelit dengan pabrikan di musim ini berjalan sangat seimbang.

Sebagaimana diketahui, pada MotoGP 2017 memang seakan-akan taka da perbedaan mencolok antara tim satelit dengan pabrikan. Bahkan sejauh ini sudah ada empat pembalap tim satelit yang mampu mengklaim podium dari 9 balapan awal musim ini.

Keempat pembalap tersebut adalah Cal Crutchlow (LCR Honda), Johann Zarco, Jonas Folger (Monster Yamaha Tech 3), dan Danilo Petrucci (Pramac Ducati). Bahkan nama terakhir disebutkan mampu mengklaim dua podium sejauh ini.

Poncharal pun menjelaskan mengapa pada MotoGP 2017 tim-tim satelit mampu memberikan perlawanan kepada tim-tim pabrikan. Ia menilai adanya perangkat elektronik baru menjadi alasan utama kebangkitan para tim satelit musim ini.

“Demi pertunjukan, Anda butuh pertarungan, yang berarti Anda butuh grid yang kompetitif. Ban tunggal, engine freeze, jumlah mesin, semuanya penting, tapi ECU tunggallah yang paling membantu. Dulu, ada margin besar antara pabrikan dan satelit,” jelas Poncharal, seperti disadur dari Crash, Minggu (22/7)

Meski begitu, pria asal Prancis tersebut sedikit pesimis terkait peluang para tim-tim satelit bakal menyudahi MotoGP 2017 berada di atas para tim-tim pabrikan.

“Rasanya sangat menyenangkan bisa bertarung dengan rider-rider pabrikan. Tentu Maverick Vinales dan Valentino Rossi akan mengakhiri musim di depan kami, tapi akan menyenangkan bila terkadang mengalahkan mereka,” tutupnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index