Kata Robiati, Cek Labor di Siak Saja

Kata Robiati, Cek Labor di Siak Saja
Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Robiati saat meresmikan fasilitas kesehatan

Riauaktual.com - Saat ini di Siak sudah bisa periksa labor dan medical check up, sementara diluar kota Siak menghabiskan waktu dan biaya. Pemeriksaan dilakukan secara lengkap seperti urin lengkap, kolesterol total, tri gliserin, LDL, HDL, gula darah puasa, asam urat, esgeot, dan esgept.

Fasilitas kesehatan tersebut, berada di jalan Mentangon, Kelurahan Kampung Dalam kecamatan Siak, yang secara resmi dibuka oleh Bupati Siak, Senin (17/7) pagi, melalui Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Robiati.

Peresmian beroperasinya Klinik Utama tersebut membawa angin segar bagi masyarakat Siak dan sekitarnya, pasalnya fasilitas klinik tersebut memiliki laboratorium terlengkap yang langsung ditangani oleh dokter spesialis patologi klinik dengan peralatan labor yang canggih.

Robiati sebelum meresmikan klinik tersebut mengatakan, pembangunan bidang kesehatan, merupakan salah satu program proiritas Pemkab Siak. Kebijakan tersebut, di dasarkan atas kenyataan bahwa bidang kesehatan merupakan bagian penting yang terkait langsung dengan peningkatan kualitas, harkat dan martabat manusia dalam kerangka pembangunan seutuhnya.

Dijelaskannya, berhasilnya pembangunan kesehatan, pada hakikatnya menuntut kerjasama yang lebih sinergis antara Pemerintah Kab Siak, stakeholders dan seluruh komponen masyarakat, serta tidak kalah pentingnya adalah kesadaran masyarakat untuk membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

Menurutnya, pembangunan kesehatan di kabupaten Siak menunjukkan kemajuan yang sangat berarti, salah satu antara lain dapat dilihat dari indikator kesehatan pada, yaitu Angka Harapan Hidup, yang meningkat dari 75,9 per tahun menjadi 76,2 per tahun.

"Keberhasilan pembangunan kesehatan tersebut, tidak lepas dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan umumnya khususnya bagi keluarga miskin diseluruh Puskemas, Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta, baik melalui Program Kartu Indonesia Sehat, JKN atau Jamkesda Siak, serta upaya perbaikan mutu pelayanan kesehatan," katanya.

Mantan Kadis Pertanian itu menambahkan, hal tersebut sejalan dengan upaya mewujudkan Siak menjadi Kabupaten yang representatif, kompetitif, komparatif dan sejajar dengan Kabupaten lainnya di Indonesia, berdirinya  klinik utama yang pertama di Kabupaten Siak ini, merupakan hal yang menggembiarakan dan tentu akan disambut baik oleh masyarakat.

Ia berharap keberadaan Klinik tersebut dapat menunjang program pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, serta mewujudkan/meningkatkan juga kesejahteraan sosial masyarakat, khususnya warga Siak.

"Pada kesempatan ini, sekali lagi saya menyampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi, kepada pencetus berdirinya klinik utama sehati ini, disertai harapan memberi kemudahan dan pilihan bagi masyarakat yang selama ini berobat, untuk mendapatkan kesehatan berstandar," pungkasnya. (jas)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index