Masak Daging hingga Pasta, Sebaiknya Tidak Perlu Dicuci Sebelum Diolah

Masak Daging hingga Pasta, Sebaiknya Tidak Perlu Dicuci Sebelum Diolah

Riauaktual.com - Saat bersiap memasak dan mulai menyiapkan bahan-bahan makanan, tidak disangkal bahwa kita kerap kali selalu beranggapan bahwa semua makanan harus selalu dicuci sebelum diolah.

Padahal, nyatanya ada beberapa jenis produk bahan makanan yang tidak perlu dicuci dan disebutkan malah akan berisiko jika dicuci.

Penasaran apa saja jenis produk makanan yang tidak perlu dicuci sebelum diolah? Baca penjelasannya berikut ini, sebagaimana dikutip Mashed, hari ini.

Daging-daging mentah

Saat ingin mengolah daging-daging mentah, baik itu daging sapi, kambing, babi, ataupun daging unggas. Kita kerap kali merasa bahwa daging tersebut, haruslah dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri. Padahal nyatanya, daging-daging tersebut tidak perlu dicuci loh! Karena yang seharusnya dicuci dan dibersihkan adalah semua peralatan memasak yang hendak digunakan untuk mengolah daging tersebut.

Salad siap santap

Salad kemasan yang kerap dijual di supermarket, seperti yang tertera pada labelnya adalah jenis produk yang langsung siap disantap alias ready-to-eat. Faktanya, mencuci isian salad tersebut sesaat setelah dibeli malah akan menimbulkan peluang salad tersebut akan terkontaminasi dengan bakteri yang mungkin melekat di peralatan memasak atau dapur di rumah.

Ikan

Sama seperti daging unggas dan daging hewan berkaki empat lainnya, daging ikan juga disebutkan tidak perlu dicuci ketika hendak diolah di rumah. Belilah ikan yang hendak dimasak, di tempat penjualanan ikan yang bersih dan terpercaya. Di mana ikan tersebut sudah dicuci dan dibersihkan dengan seksama oleh petugas yang terpercaya. Saat hendak memasak, jangan lupa untuk mencuci tangan sampai bersih dan bersihkan area dapur terlebih dahulu.

Telur

Sama seperti daging dan salad, telur juga masuk menjadi jenis produk makanan yang tidak perlu dicuci saat ingin diolah. Mencuci telur, malah akan meningkatkan kesempatan terjadinya proses kontaminasi yang berbahaya. Disebutkan pula, secara alami cangkang telur dilapisi oleh minyak mineral yang melindungi telur dari bakteri.

Pasta

Mencuci pasta sebelum diolah dengan tujuan menghilangkan getah yang ada, adalah hal yang keliru untuk dilakukan. Pasalnya getah atau starches alami yang membuat lengket pada pasta tersebut lah, yang akan membantu saus pasta bisa melekat membungkus pasta dengan sempurna. Sehingga menjadikan saus pasta yang kental dan pasta yang lebih lezat untuk disantap.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index