Mendikbud Muahdjir Effendi, Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, Anggota DPRD Provinsi Riau Ade Hartati, beserta Unsur Forkopimda Riau memukul kompang saat membuka OSN 2017 di Riau.

Dibuka Mendikbud, OSN 2017 Riau Resmi Dimulai

Senin,03 Juli 2017 - 17:38:14 WIB Di Baca : 5292 Kali

Riauaktual.com - Bertempat di gelanggang remaja Provinsi Riau Senin (3/7), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy membuka secara resmi pelaksanaan Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSN) SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA 2017, dalam kesempatan itu Mendikbud berharap peserta OSN ini nantinya bisa menjadi generasi penerus dalam memajukan bangsa Indonesia.

Dia menyebut, Indonesia yang begitu kaya akan hasil alamnya jika tidak disikapi dengan menyiapkan generasi-generasi yang berpendidikan, akan sulit bersaing dengan negara-negara lainnya di dunia dimasa yang akan datang.

"Siswa-siswi peserta OSN ini lah yang pada 20 hingga 30 tahun mendatang yang diharapkan mampu menjadi generasi dengan ilmu yang dimiliki, untuk bisa terus menjaga keutuhan bangsa kita ini, terutama dalam hal memanfaatkan dan mengelola berbagai kekayaan alam yang dimiliki negara kita," kata Muhadjir.

Dia menjelaskan, ditengah kemajuan ilmu pengetahuan, Sains dan teknologi, sudah sewajarnya Indonesia mempersiapkan sejak dini para generasi muda berkualitas dan berintegritas, hanya dengan melakukan hal itu bisa mencegah rakyat Indoensia menjadi penonton dinegeri sendiri dalam mengelola kekayaan alam yang ada.

"Kita tidak boleh lengah akan hal itu, kemajuan ilmu pengatahun Sains dan teknologi khususnya saat ini jangan sampai membuat kita terus tertinggal, kita harus mampu mengelola kekayaan alam yang kita miliki dengan sebaik-baiknya, saya berharap dari peserta OSN ini akan lahir pemimpin-pemimpin Indonesia berkualitas dimasa-masa mendatang," ungkapnya.

Sementara Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman dalam kesempatan itu banyak bercerita tentang kondisi Riau yang kaya akan sumber daya alam, yakni sebagai salah satu Provinsi penyumbang devisa terbesar di Indonesia dalam bidang perminyakan, dan Riau juga menjadi salah satu Provinsi dengan luas kebun sawit terbesar di Indonesia.

"Namun kekayaan alam yang dimiliki Riau tidak selamanya bisa kami andalkan dalam membangun negeri ini, karena itu saat ini Riau tengah giat mengembangkan pariwisata berbasis kebudayaan, karena Riau memang sangat terkenal dengan kebudayaan Melayu nya," kata Andi Rachman.

Kepada peserta OSN, Andi berharap bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berlomba, dan lebih mengedepankan silaturrahmi. "Menjadi yang terbaik adalah salah satu tujuan adek-adek datang kesisni, namun untuk mendapatkannya, jangan sampai merusak tali silaturrahmi sesama kita warga negara Indonesia," ungkapnya. (nik)     

Share Tweet Google + Cetak

Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Loading...