Komponen Mobil yang Biasanya Cepat Rusak Usai Dipakai Mudik

Komponen Mobil yang Biasanya Cepat Rusak Usai Dipakai Mudik
Aksesori roof box di atap mobil. (VIVA.co.id/Dian Tami)

Riauaktual.com - Menggunakan mobil sewa menjadi pilihan alternatif bagi sebagian masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Namun, jangan lupa, setelah melakukan liburan, apalagi mengendarai mobil dengan perjalanan jauh. Karena, membuat kondisi mobil menjadi jauh menurun. Jadi, diperlukan perawatan khusus untuk mobil yang telah melakukan perjalanan jauh.

Menurut pemilik rental mobil Mutiara Autorent Muhamad Muzofar, masalah yang kerap ditemui pada mobil-mobil sewaannya adalah bagian kaki-kaki. "Kalau problemnya di kaki-kaki, biasanya kami setel ulang saja," kata Muzofar sebagaimana dikutip dari VIVA.co.id di Jakarta, hari ini.

Selain kaki-kaki, perawatan yang akan dilakukan biasanya mengecek pelat kopling. Seperti diketahui fungsi kopling untuk mengendalikan laju mobil, baik maju, mundur atau menambah dan mengurangi tingkat percepatannya. Pelat kopling biasanya aus, seiring dengan bertambahnya usia pemakaian. Bisa juga karena faktor pemakaian yang terus menerus tanpa henti dan cara penggunaan yang tidak sesuai.

"Mobil rental dipakai mudik biasanya yang rusak pelat kopling. Kalau rusak, ya diperbaiki, ya kalau enggak, ya diganti," ujarnya.

Agar mobil sewa kembali mulus, kata dia, pihaknya melakukan pemolesan pada bagian bodi mobil. Biasanya kata dia, pihaknya bekerja sama dengan bengkel rekanan.

"Di kami, treatment dilakukan untuk mobil di bawah tahun 2016. Biasa hanya poles, atau wax saja biar kinclong. Kalau kerusakan (komponen) muncul, karena faktor medan jalannya, atau pun cara mengemudi," kata dia.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index