Kadin soal 7-Eleven tutup: Orang beli satu minuman, nongkrong 3 jam

Kadin soal 7-Eleven tutup: Orang beli satu minuman, nongkrong 3 jam
Seven Eleven. Merdeka.com/Imam Buhori

Riauaktual.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Rosan Roeslani angkat bicara terkait tutupnya seluruh gerai 7-Eleven di seluruh Indonesia. Menurutnya, hal ini terjadi karena adanya ketimpangan antara marjin pendapatan dan pengeluaran.

Menurutnya, kecilnya marjin pendapatan dari 7-Eleven dikarenakan gerai yang dikelola PT Modern Sevel Indonesia ini lebih sering dijadikan tempat nongkrong. Sedangkan daya beli masyarakat di gerai ini kecil.

"Kadin lihatnya Sevel (7-Eleven) mungkin bisnis modelnya kurang pas, karena marjin mereka tipis kan, tapi mereka sewa tempat besar, karena banyak dipakai nongkrong, tapi marjinnya tipis," kata Rosan di Jakarta, Minggu (25/6) malam.

Dia menambahkan, jika dibanding gerai lainnya, 7-Eleven jauh tertinggal. Volume pembelian masyarakat lebih besar di gerai Indomart dan Alfamart.

"Orang beli satu Coca Cola, nongkrong dua-tiga jam. Tidak sesuai bisnis modelnya. Kalau Indomart dan Alfamart, tempat kecil, masuk, beli, masuk, beli, volumenya banyak. (Sedangkan 7-Eleven) Marjin kecil, volumenya harus banyak," pungkas Rosan, sebagaimana dikutip dari merdeka.com.

Sebelumnya, PT Modern International Tbk bakal menutup seluruh gerai convenience store 7-Eleven di Indonesia. Penutupan gerai ini akan dilakukan pada 30 Juni 2017.

Dalam pengumuman resmi yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (23/6), penutupan gerai yang dikelola PT Modern Sevel Indonesia ini disebabkan batalnya kesepakatan penjualan franchise kepada PT Charoen Phokphand Restu Indonesia.

"Hal ini disebabkan oleh keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh perseroan untuk menunjang kegiatan operasional gerai 7-Eleven setelah rencana transaksi material atas penjualan dan transfer segmen bisnis restoran dan convenience store oleh Charoen Phokphand Restu Indonesia mengalami pembatalan," tulis manajemen Modern Internarional dalam suratnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index