Turis Asal Cina Diperkirakan Dominasi Wisman di Indonesia

Turis Asal Cina Diperkirakan Dominasi Wisman di Indonesia
Wisatawan Cina (Ilustrasi) (republika)

Riauaktual.com -  Jumlah wisatawan asal Cina yang mengunjungi Indonesia diperkirakan akan mencapai lebih dari dua juta orang pada 2017. Angka itu mendominasi jumlah kunjungan wisatawan asing ke Tanah Air.

Charge d'Affaires Kedutaan Besar Cina Sun Weide di Jakarta, Selasa kemarin mengatakan bahwa pariwisata menjadi salah satu sektor utama kerja sama antara Indonesia dan Cina yang terus tumbuh. Menurut data dari Kedutaan Cina di Jakarta, dalam tiga bulan pertama tahun ini, jumlah wisatawan Cina yang datang ke Indonesia telah mencapai sekitar 560 ribu orang.

"Maka, jumlah wisatawan Cina yang datang ke Indonesia tahun ini diperkirakan akan melebihi dua juta orang," kata Sun Weide dalam jumpa pers dengan wartawan yang dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama di Kedutaan Besar Cina di Jakarta.

Tahun lalu, Cina menjadi penyumbang kunjungan wisatawan terbesar kedua bagi Indonesia setelah Singapura. Data dari Kementerian Pariwisata menunjukkan bahwa sebanyak 1,45 juta wisatawan Cina berkunjung ke Indonesia pada 2016. Sementara itu, jumlah wisatawan dari Singapura yang datang ke Indonesia sebanyak 1,47 juta wisatawa pada tahun lalu.

"Kunjungan wisatawan Cina tahun lalu diperkirakan telah menyumbang devisa bagi Indonesia sebesar dua miliar dolar AS," kata Sun Weide.

Pada hari yang sama, delegasi Pemerintah Provinsi Guizhou, Cina berkunjung ke Indonesia untuk mempromosikan destinasi wisata di daerahnya. "Kami berharap melalui kesempatan ini dapat berbagi pesona Guizhou kepada teman-teman di Indonesia," kata Sekretaris Daerah Provinsi Guizhou di barat daya Tiongkok Ren Xiang Sheng dalam Konferensi Promosi Pariwisata Global Guizhou 2017 di Jakarta, Selasa (20/6).

Menurut dia, saat ini industri pariwisata menjadi pilar penting bagi Guizhou. Wisatawan yang berkunjung ke Guizhou melampaui satu juta orang pada 2016, dan pengunjung asal Indonesia yang berkunjung sebanyak 128 ribu orang. Dengan dibukanya sejumlah rute penerbangan langsung antara kedua negara, seperti dari Sulawesi Utara ke Cina, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Indonesia dan Cina diharapkan akan tumbuh pesat.

Setelah mencapai target kunjungan 12 juta turis asing pada tahun 2016, Kementerian Pariwisata memasang target untuk mendatangkan 15 juta turis asing pada tahun ini. Menteri Pariwisata Arief Yahya memproyeksikan Cina akan menjadi negara dengan jumlah wisatawan terbanyak yang datang ke Indonesia dengan angka 2,4 juta orang. Jumlah wisatawan Cina diprediksi akan mengalahkan jumlah wisatawan Singapura yang datang ke Indonesia yang diproyeksikan sebesar 2,275 juta.




Sumber : Antara

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index