Borong 50 Boeing, Lion Air Siap Go Public

Borong 50 Boeing, Lion Air Siap Go Public
rmol/int

Riauaktual.com - Langkah maskapai Lion Air menambah armada dengan membeli 50 pesawat Boeing 737 MAX Series di Paris Airshow tahun ini dinilai sangat jeli. Di mana, armada Lion Air akan semakin kuat dan menjadi tanda perusahaan siap go public.

Menurut Fahrizal FAN selaku Kaukus Rakyat Konsumen Jasa Penerbangan, perhitungan Lion Air menambah 50 Boeing 737 Max menjadi bagian dari pesanan maskapai sebanyak 201 pesawat Boeing 737 Max pada 2011 senilai USD 21,7 miliar. Di mana, Lion Air mendapatkan kredit ekspor dari bank di Amerika Serikat dengan bunga rendah sehingga bisa menghasilkan biaya operasi efisien, dan membuat harga tiket bisa bersaing dengan maskapai domestik atau internasional yang lain.

Selain itu, Boeing 737 MAX merupakan varian baru dari pesawat legendaris Next Generation 737. Mesin baru pada pesawat memiliki keandalan sekaligus kenyamanan, di mana Boeing 737 MAX menggunakan mesin yang efisien bahan bakar dan aman.

"Bagi maskapai yang menggunakan 737 MAX bakal merasakan ada penghematan BBM (bahan bakar) sebesar 10 sampai 12 persen. Serta menghemat biaya operasional sebesar tujuh persen," jelas Fahrizal dalam keterangannya, sebagaimana dikutip dari rmol.co, hari ini.

Dia menjelaskan, kejelian Lion Air mendatangkan 50 unit Boeing 737 Max juga tak lepas dari terus meningkatnya industri penerbangan nasional setiap tahun. Apalagi, saat ini pertumbuhan ekonomi cukup baik. Selama ini, sektor transportasi adalah penopang pertumbuhan ekonomi domestik, serta tuntutan konsumen untuk on time performance dan kenyamanan menggunakan maskapai penerbangan.

"Kaukus Rakyat Konsumen Jasa Penerbangan menilai bahwa Lion Air selama ini mendengar selera anggota kami dalam mengunakan jasa penerbangan berbasis low cost carrier. Dan tentu saja kami harap Lion Air terus meningkatkan pelayanan dan keamanan, serta keselamatan yang sudah baik saat ini," ujar Fahrizal.

Ditambahkannya, langkah Lion Air tersebut bisa membuat maskapai lain di tingkat regional dan domestik sulit mengejar ketertinggalan. Selain itu juga menandakan manajemen Lion Air bersiap untuk go public.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index