DBH Triwulan II Telah Masuk ke Kasda Rohil

DBH Triwulan II Telah Masuk ke Kasda Rohil

Riauaktual.com - Setelah sekian lama menunggu pasca ditariknya Dana Bagi Hasil (DBH) triwulan I, akhirnya pusat mentransfer Dana Bagi Hasil (DBH) Triwulan II Tahun 2017.

Jumlah yang dikirim oleh pemerintah pusat itu sebesar Rp99 miliar dan dananya saat ini sudah masuk ke kas daerah (Kasda). Hal ini disampaikan Sekretris Daerah (Sekda) Rohil, Drs H Surya Arfan MSi, kemarin di Bagansiapiapi.

"Uang sudah masuk sebesar Rp99 miliar, jadi tentang tunda bayar tidak ada masalah lagi dan dananya sudah tersedia. hanya saja menunggu kelengkapan administrasi untuk mencairkannya," kata Surya.

Untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Bagian-Bagian Setda yang menangani tentang tunda bayar untuk bekerja ekstra sehingga tunda bayar sudah bisa diangsur untuk dibayarkan.

"Secara jumlah memang total tunda bayar kita 319 milyar, namun dengan masuknya dana 99 milyar ini kita yakin sudah bisa diangsur dengan catatan adminsitarsi sudah lengkap sebelum libur lebaran," ucapnya.

OPD tersebut terangnya yang memiliki proyek tahun 2016 dan pembayarannya belum dilakukan serta dana kantor OPD itu sendiri agar menggesa pengerjaan administasi.

"Terutama inspektorat sebagai institusi yang mengaudit hasil pekerjaan serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang memproses pencairannya," sebut Sekda.

Ia juga meminta para rekanan mengerti bahwa masa pencairan ini butuh proses, apabila lengkap dipastikan dana bisa dicairkan meksipun belum sepenuhnya. Namun audit Inpektorat juga menjadi acuan apakah proyek yang dibangun sudah sesuai dengan rencana dan total anggaran yang dikerjakan.

Sementara itu, Kepala BPKAD Rohil H Syafruddin HS juga membenarkan bahwa dalam bulan ini sudah dua kali dana masuk, pertama dari DBH dan dana dari sektor pajak.

"DBH tahap II 99 miliar sedangkan 54 miliar lagi pekan lalu dari Pajak PBB Kehutanan, Perkebunan dan Perikanan," kata Syafruddin.

Pihaknya juga siap lembur dalam sepekan terakhir ini untuk memproses setiap adminstrari yang masuk dari setiap OPD maupun Bagian sehingga uang bisa dicairkan sebelum masuk musim libur lebaran.

"Kita akan proses yang lengkap dan cepat, jadi kita minta OPD segera lengkapi semua persyaratan adminsitrasi pencairannya," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index