Hutan Wisata Sungai Dumai bakal jadi ikon Kota Dumai

Pemko Bakal Jadikan Sungai Dumai Ikon Kota

Kamis,15 Juni 2017 - 16:56:17 WIB Di Baca : 8166 Kali

Riauaktual.com – Pemerintah Kota Dumai berencana menjadikan Sungai Dumai sebagai salah satu ikon kota. Konsepnya, Pemko Dumai mencontoh Sungai Melaka Malaysia.

“Selain fungsi pengendali banjir, Sungai Dumai diprogramkan sebagai salah satu ikon kota. Nantinya akan kita kembangkan menjadi salah satu objek wisata,” kata Sekretaris Daerah Kota Dumai H Muhammad Nasir, kemarin.

Selain mengembangkan Sungai Dumai, pemko juga akan mengembangkan kawasan Danau Bunga Tujuh sebagai kawasan terintegrasi. Sebagai resapan, pengendali banjir, sumber air bersih dan objel wisata.

“Terkait pengendalian banjir, Pemko sudah melakukan pertemuan dengan Pertamina dan Chevron. Karena kawasan ini milik mereka. Kita harapkan diserahkan untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Dalam pengembangan Sungai Dumai, diakuinya ada pekerjaan berat yang harus dilakukan. Yakni pembebasan lahan di kiri kanan sungai dan mengarahkan pembangunan rumah menghadap ke sungai.

“Ini adalah program besar kita bersama. Penko Dumai mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat.

Selain menjelaskan kembali soal program air bersih, sekda juga menghimbau kepada masyarakat untuk mrenaga lingkungan. Apalagi saat ini memasuki musim kemarau. “Jangan membakar lahan. Kami mengharapkan agar saling mengingatkan agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. Apalagi sampai membuka lahan dengan cara membakar,” katanya.

Menyinggung tentang adanya keinginan masyarakat Bukit Batrem terhadap pembangunan jalan, menurut Sekda, informasi ini jadi bahan pertimbangan untuk program selanjutnya.

“Bisa terlaksana berkat kerjasama dan kebersamaan. Safari ramadan ini bukan saja untuk menjalin silaturahmi, dengan sejumlah kepala OPD yang ikut hadir, kegiatan ini diantaranya bertujuan menyerap informasi dan aspirasi masyarakat,” ujar Sekda. (Rr)

Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com