Berikut Tips Menghemat Uang Selama Ramadan

Berikut Tips Menghemat Uang Selama Ramadan
ilustrasi (int)


Riauaktual.com -   Kebanyakan orang berpikir menjalankan ibadah puasa dapat menjadi salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk berhemat, terutama dalam pembelian makanan. Namun nyatanya, tak sedikit yang merasa jika selama Ramadan ini malah pengeluaran semakin melonjak. Hal tersebut mungkin terjadi karena saat Ramadan, Anda tak bisa menahan diri untuk membeli banyak barang atau 'lapar mata' sebelum berbuka puasa. Inilah tips menghemat uang selama Ramadan.

1. Atur Perencanaan
Pakai uang dengan membelanjakan hal-hal yang telah diatur dan direncanakan. Hemat pengeluaran uang bisa dilakukan dengan membuat rencana hal apa saja yang akan dibelanjakan selama Ramadan. Buat daftar kebutuhan yang perlu dibeli setiap hari selama Ramadan. Hindari membeli barang yang tidak termasuk dalam daftar belanja. Membuat daftar belanja tidak hanya membatasi pengeluaran Anda, tetapi juga membuat Anda tidak lupa untuk membeli barang-barang yang sangat dibutuhkan.

2. Belanja Makanan Seperlunya
Yakini diri Anda untuk tidak terlalu banyak membeli makanan pada saat berbuka puasa, karena itu dapat melebihi anggaran belanja. Jangan mengisi terlalu banyak makanan di meja Anda yang belum tentu Anda sentuh atau makan semuanya. Membeli makanan yang cukup Anda butuhkan bisa menjadi salah satu langkah yang tepat untuk menghemat pengeluaran.

3. Lihat Alternatif Barang yang Lebih Murah
Jika Anda ingin menabung, sebaiknya bersiap untuk melihat alternatif produk yang lebih murah di supermarket atau produk yang dijual dengan harga khusus. Tahan diri untuk membeli barang yang tidak diperlukan, meskipun barang tersebut sedang ada promo seperti beli satu gratis satu.

4. Batasi Undangan Buka Bersama
Banyaknya undangan buka bersama dengan rekan-rekan dalam organisasi dan komunitas tertentu menyebabkan pengeluaran membengkak, apalagi jika buka bersamanya di restoran atau tempat-tempat mahal. Tentu saja buka bersama menjadi salah satu momen penting yang dapat dilakukan untuk bersilaturahmi dan menjalin hubungan baik dengan orang lain, namun jika keseringan dan terlalu banyak buka bersama di luar maka pengeluaran Anda juga pasti akan lebih banyak.

5. Rencanakan Pembelian Lebih Awal
Pengeluaran tidak dapat dihindari dalam persiapan Hari Raya Idul Fitri. Namun jika Anda berbelanja pakaian baru, Anda bisa membeli atau menugaskan penjahit Anda untuk membuatnya terlebih dahulu. Biasanya jelang Hari Raya, banyak barang yang dinaikkan harganya, sehingga untuk perlengkapan lebaran, coba rencanakan pembelian barang lebih awal.


Sumber : Wolipop

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index