Teknik Geologi UIR Lakukan Penelitian Bersama dengan UKM dan Tongji University China

Teknik Geologi UIR Lakukan Penelitian Bersama dengan UKM dan Tongji University China
DR

Riauaktual.com - Program Studi Teknik Geologi Fakultas Tenik Universitas Islam Riau melakukan penelitian bersama yang melibatkan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Tongji University China.

Penelitian bersama tersebut dilakukan tentang "Collaboration Study on Formation of South East Asia" yang dilakukan di Pulau Natuna, Kepulauan Riau.

Dalam penelitian bersama ini, Prodi Teknik Geologi UIR di wakili oleh Dr. Eng. Husnul Kausarian dan Adi Suryadi,B.Sc (Hons)., M.Sc. Dari UKM diwakili oleh Dr. Goh Tian Lai dan Yusuf Mahidin dari universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Sedangkan ketua penelitian ini adalah Prof. Lei Shao dan anggotanya Ms. Yuchi Chui dari Tongji University China.

Ketua tim peneliti Prof. Lei Shao memberikan apresiasi pihak pihak lain yang terlibat dalam penelitian ini, terumata dari kalangan dosen Teknik Geologi UIRdan UKM yang mempersiapkan segala sesuatunya untuk keperluan penelitian.
 
"Ini hanya riset awal untuk pemetaan geologi di daerah Asia Tenggara, kemungkinan penilitain lanjutan akan dilaksanakan dibawah naungan UNESCO," ujar Prof. Lei Shao yang merupakan profesor di bidang Sedimentologi.

Dosen Teknik Geologi UIR, Dr. Eng. Husnul Kausarian, M.Sc, Selasa (23/5/2017) berkata, tujuan dilaksananya penelitian ini untuk memetakan kembali Geologi Asia Tenggara secara lebih detail karena peta geologi yang ada sekarang hanya peta geologi secara regional saja.

Dijelaskannya bahwa Tim peneliti sudah turun ke Pulau Natuna pada tanggal 6-9 Mei 2017 lalu. Selama penilitian dilakukan di Pulau Natuna, banyak data-data geologi baru yang ditemukan seperti kontak antara formasi dan batuan yang dapat digunakan untuk memperbaiki sempadan batuan pada peta geologi regional Pulau Natuan. Beberapa sampel juga diambil untuk dilakukan analisis di laboratorium lebih lanjut.

Menurut Dosen lulusan terbaik Chiba University ini, bahwa penelitian bersama yang melibatkan beberapa universitas ini merupakan kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan karen banyak manfaat yang diperoleh dari kerjasama ini.

"Kegiatan seperti ini menjadi peluang besar untuk bisa menjalin kerjasama internasional dengan universitas-universitas terkemuka di dunia seperti Tongji University," Ujar Dr. Eng Husnul Kausarian, M.Sc.

Husnul Kausarian juga menjelaskan, bahwa tenaga pengajar di UIR memiliki peluang untuk Kuliah di Tongji University dan rencana tersebut akan akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Terkait dengan penelitian bersama ini, Rektor UIR, Prof. Dr. Detri Karya, SE., MA menyambut baik. Menurutnya untuk melintkan kualitas pendidikan dosen UIR harus banyak terlibat dalam penelitian baik dilakukan secara perorangan atau berkolaborasi dengan universitas terkemuka lainnya.

"Ini merupakan suatu kesempatan besar buat UIR untuk terus menjalin kerjasama internasional di berbagai Negara maju. Saya akan menggesa peneliti dan dosen UIR agar meraih kesempatan ini," ujar Rektor UIR tersebut. (DR)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index