Berikut Tips Liburan Hemat ke Bali

Berikut Tips Liburan Hemat ke Bali
ilustrasi

Riauaktual.com - Bali memang dikenal sebagai salah satu pulau yang paling digemari sebagai tempat berlibur, tidak hanya bagi kalangan wisatawan domestik namun hingga wisatawan mancanegara. Selain sebagai surga wisata, bali juga dikenal akan adat nya yang masih tetap berjalan hingga di masa modern. Karena terkenal akan wisatanya, banyak orang yang mengira jika berlibur di pulau dewata ini membutuhkan banyak biaya. Sebenarnya anda tetap bisa berlibur meskipun dengan dana yang hemat. Nah berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu anda untuk berlibur di bali dengan hemat, sebagaimana dikutip dari okezone.com.

1. Membuat anggaran dana

Hal yang paling utama yang bisa dilakukan adalah membuat rencana anggaran untuk berlibur. Namun pisahkan anggaran hotel; penginapan dan tiket transportasi dengan anggaran untuk tiket wisata, makan, serta membeli oleh-oleh selama berlibur. Bawa uang seperlunya di dalam dompet dan bisa menyimpan sisa uang lainnya di rekening. Selain menghindari risiko kejahatan yang bisa saja terjadi, dengan membawa uang secukupnya juga dapat menghindari anda mengeluarkan sesuatu yang tidak diperlukan.

2. Hindari berlibur di musim liburan atau weekend

Hal lainnya yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran selama berlibur di bali adalah dengan tidak berlibur ketika musim liburan ataupun saat weekend. Biasanya hari-hari seperti ini tiket transportasi, penginapan, serta tiket-tiket wisata menjadi lebih mahal dibandingkan hari biasanya.

Selain itu, bali merupakan destinasi wisata yang paling favorit dikunjungi para wisatawan saat musim berlibur sehingga banyak sekali turis yang akan menikmati wisata-wisata di Bali. Tentunya hal ini membuat anda tidak nyaman berlibur ketika tempat wisata penuh akan turis-turis dari berbagai tempat. Untuk itu, akan lebih baik jika anda berlibur pada saat hari biasanya. Selain dapat menghemat pengeluaran, anda bisa menikmati wisata-wisata di Bali tanpa terganggu dengan suasana yang terlalu ramai.

3. Mencari penginapan dengan tarif murah

Bali memang terkenal dengan beragam wisata yang dimilkinya, sehingga banyak sekali hotel-hotel berbintang yang dapat ditemukan di sana. Namun bukan berarti anda tidak menemukan hotel yang bagus dengan harga yang murah, beberapa hotel di kawasan-kawasan tertentu seperti Legian dan Poppy lane terkenal dengan penginapan-penginapan dengan harga yang lebih murah dibandingkan lainnya. Meskipun murah, namun jangan khawatir dengan fasilitas yang diberikan. Penginapan di sini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Namun tentunya sebelum memilih, pastikan dulu review dan reputasi dari hotel atau penginapan tersebut sehingga anda tak salah pilih.

4. Mencari promo hotel dan tiket transportasi

Cara lainnya untuk berhemat adalah dengan mencari tiket transportasi dan hotel yang sedang promo. Saat ini banyak sekali situs-situs booking online yang menawarkan kemudahan untuk mencari hotel dan tiket bahkan memberikan diskon atau promo yang menguntungkan. Tentunya hal ini bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran anda. Selain itu anda juga bisa memesan kamar hotel dan tiket transportasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, sehingga anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

5. Makan di kedai-kedai yang murah

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan makan di kedai-kedai yang menawarkan makanan dengan harga yang cukup murah. Cara ini cukup efektif untuk membuat dompet anda tidak jebol. Anda bisa mencari kedai-kedai sederhana yang biasanya berada di pinggiran jalan atau sekitar pantai.

6. Menyewa Motor

Untuk menghindari pembengkakan biaya transportasi selama berlibur di Bali, anda bisa menyewa motor sebagai solusi alternatif. Motor dapat digunakan untuk bepergian ke lokasi-lokasi wisata yang letaknya berjauhan dan tidak memungkinkan untuk berjalan kaki. Dengan menyewa motor, pengeluaran anda akan lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum atau taksi. Bahkan jika anda menyewanya untuk beberapa hari, anda bisa bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang murah.

Berlibur Hemat Tanpa Bikin Dompet Jebol

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penghematan selama berlibur di Bali. Tentunya anda harus membuat anggaran selama berlibur yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Dengan perencanangan yang matang, anda bisa menikmati liburan selama di Bali tanpa mengkhawatirkan risiko apapun.
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index