Wabup: ASN Harus Peka Terhadap Lingkungan

Wabup: ASN Harus Peka Terhadap Lingkungan
suasana apel tadi pagi

Riauaktual.com - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim menegaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelayan publik harus mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan harapan masyarakat, untuk dapat melakukan itu ia meminta ASN harus peka melihat situasi yang terjadi ditengah masyarakat.

"Seorang ASN harus mampu melaksanakan perannya dengan baik dan paham akan tugas dan tanggung jawabnya yang didukung dengan kepekaan melihat situasi sehingga tahu apa yang harus dilakukan," jelas Wabup saat menjadi pembina Apel pagi, dihalaman kantor Bupati, Senin (8/5).

Apa yang terjadi dan dirasakan saat ini menurut Wakil Bupati masih belum bisa memuaskan masyarakat, seharusnya ASN bisa berbuat lebih baik lagi dalam memajukan Kabupaten Meranti. "Tidak seharusnya kita seperti ini, harusnya kita bisa berbuat lebih baik lagi dalam memajukan Meranti, dalam mewujudkan Kabupaten Meranti yang maju kita harus kompak dan terus berupaya memberikan yang terbaik," ucapnya seraya mengajak ASN tetap mempertahankan kondusifitas daerah yang aman dan nyaman.

Dari hasil kunjungannya kepelosok desa dalam upaya menyelami apa yang dirasakan dan diinginkan masyarakat, Wakil Bupati H. Said Hasyim mengaku sedikit sedih. Kondisi Meranti yang didukung begitu banyak SDM yang bekerja sebagai ASN dan Tenaga Honorer dan kekayaan alam yang cukup menjanjikan belum mampu memberikan apa yang diharapkan masyarakat.

"Harusnya sebagai ASN yang menerima gaji harus bisa mempertanggung jawabkannya, masyarakat menunggu kinerja dan kreasi ASN dalam membangun Meranti," ujar Wabup lagi.

Kedepan dirinya akan terus mengawasi kinerja aparatur dan instansi Pemerintah Kepulauan Meranti, melalui pedekatan SAKIP Wakil Bupati menunggu apa yang dikerjakan oleh Satker. Ia juga berjanji akan memberikan reward kepada ASN yang bekerja sungguh-sunggun dan akan memberikan sanksi kepada ASN yang malas karena dapat mengganggu kinerja Pemda.

Pada kesempatan itu Wabup juga mengomentari prilaku ASN yang turun kelapangan meninjau kegiatan proyek, dimana kebanyakan yang terjadi ASN malah minta dilayani oleh kontraktor sehingga kegiatan tidak terawasi dengan maksimal. Padahal sejatinya ditengah kondisi APBD yang minim saat ini ASN harus memastikan anggaran yang digunakan untuk kegiatan dapat memuaskan masyarakat. "Lebih baik anggaran sedikit dikerjakan dengan benar dapat memuaskan masyarakat, daripada anggaran besar tapi penggunaanya tidka benar maayarakat akan kecewa," pungkas Wakil Bupati. (RR)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index