Mau Buka Usaha? Pilihan Ini Mungkin Cocok untuk Anda

Mau Buka Usaha? Pilihan Ini Mungkin Cocok untuk Anda
ilustrasi

Riauaktual.com - Mendirikan usaha atau bisnis sendiri dinilai lebih menjanjikan daripada bekerja untuk perusahaan lain. Namun, memulai sebuah usaha kadang terkendala karena beberapa hal, antara lain keterbatasan modal, pengetahuan dan kemampuan dalam bidang bisnis, pengalaman kerja dan lain-lain.

Sesungguhnya semua jenis bisnis ataupun usaha memiliki tantangan dan hambatan masing-masing. Sebagai bekal pengetahuan untuk Anda, berikut ini kami ulas mengenai jenis dan cara menjalani usaha kecil menengah.

1. Usaha Kecil Menengah di Bidang Fashion

Seiring dengan perkembangan zaman, fashion juga semakin berkembang dan hampir tak ada habisnya untuk menjadi topik pembicaraan. Hampir setiap tahun selalu ada tren atau model terbaru yang muncul di pasaran.

Hal ini yang menjadikan usaha kecil menengah di bidang fashion merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Cakupan dalam bidang fashion sangatlah luas, jadi Anda harus jeli dalam memilih berbagai macam pakaian dan aksesoris penunjangnya yang akan dijual nantinya.

Sebagai penjual, Anda harus tahu selera dan tren pasar saat ini. Lakukan juga survei harga pasar agar tahu harga yang pas untuk setiap barang yang akan dijual.

Strategi dan cara pemasaran yang tepat juga menjadi hal yang perlu dikuasai agar sukses memasarkan dagangan Anda. Contohnya, dalam rangka Grand opening, Anda memberikan harga promo pada dagangan.

Namun, jangan sampai justru kerugian yang didapatkan karena itu Anda harus pandai-pandai bermain harga. Sedangkan untuk memasarkan dagangan, Anda bisa menggunakan cara yang lebih praktis dan modern yakni menggunakan sosial media, seperti facebook, twitter, instagram, BBM dan masih banyak lagi lainnya.

Gunakanlah akun sosial media yang dimiliki jangan hanya sebagai tempat memasang status, tetapi tempat memajang dagangan alias promosi. Cara lainnya ialah dengan membagikan selebaran seperti brosur, pamflet atau poster pada orang-orang tertentu yang menjadi konsumen nantinya. Misalnya Anda menjual baju-baju terkini untuk anak muda, maka bagikan selebaran itu di kawasan mahasiswa. Hal tersebut dapat menarik banyak konsumen agar tertarik dengan dagangan Anda.

2. Usaha Kecil Menengah di Bidang Pendidikan

Pendidikan merupakan kebutuhan yang amat penting bagi manusia. Terbatasnya tenaga pengajar dengan banyaknya siswa yang perlu diajar merupakan salah satu permasalahan di negeri ini. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu peluang usaha Anda.

Tidak ada batasan usia maupun pekerjaan dalam usaha atau bisnis di bidang pendidikan. Berbekal pengetahuan dan keterampilan tertentu, siapa pun bisa mencoba pekerjaan dalam bidang ini.

Salah satu bentuk usaha kecil menengah di bidang pendidikan adalah membuka kursus atau les. Anda bisa bekerja sama dengan teman atau rekan yang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut.

Jika belum memiliki cukup modal untuk membuka tempat les sendiri, Anda bisa menawarkan jasa les privat dari rumah ke rumah yang terjangkau oleh Anda. Ini juga bisa menjadi peluang bagi yang masih berstatus mahasiswa. Pasanglah harga yang umum sesuai dengan harga pasar yang berlaku. Jangan terlalu tinggi dan jangan pula terlalu murah.

Anda bisa menggunakan sosial media untuk menawarkan jasa kursus atau les. Buatlah iklan dengan kalimat yang menarik agar dapat menarik banyak peminat.

Dan jika telah berhasil mendapatkan klien, bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan berikan pelayanan terbaik bagi klien dalam arti persiapkan diri sebaik mungkin sebelum memulai bekerja. Jika kinerja Anda semakin baik, maka pasti banyak orang yang akan merekomendasikan Anda.



Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index