Nasir: insinyur kok jadi wartawan

Nasir: insinyur kok jadi wartawan
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir

Riauaktual.com - enteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir, mengingatkan alumni perguruan tinggi untuk bekerja sesuai bidang keahliannya. Menurutnya, masih banyak lulusan perguruan tinggi yang kemudian bergiat di luar disiplin ilmunya, yang dia istilahkan sebagai pekerjaan kesasar, di antaranya insinyur menjadi wartawan atau politikus.

"Kaitannya dengan perguruan tinggi, kami lihat pekerjaan lulusannya sudah sesuai bidangnya apa belum? Bukan hanya lulusannya yang sudah bekerja. Insinyur jadi politisi berarti kesasar. Insiyur kok kerjanya jadi wartawan, politisi, khan tidak pas," kata guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro itu di Semarang, hari ini, sebagaimana dikutip dari Antara.

Nasir meminta lulusan perguruan tinggi di bidang keinsinyuran, seperti fakultas teknik tentu pas jika lulusannya terjun di bidang teknik, demikian pula bidang-bidang lain.

Untuk jurusan yang menghasilkan bidang-bidang keprofesian tertentu, kata dia, seperti insinyur dan dokter semestinya didorong agar lulusannya menekuni keprofesiannya secara baik.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index