BNI Targetkan Penyaluran KUR Sektor Kelautan Rp575 Miliar

BNI Targetkan Penyaluran KUR Sektor Kelautan Rp575 Miliar
bni

Riauaktual.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk menargetkan peningkatan penyaluran kredit usaha rakyat untuk sektor kelautan dan perikanan pada 2017 sebesar empat persen dari tahun sebelumnya yang masih sangat minim. Capaian penyaluran KUR BNI di sektor itu pada 2016 baru satu persen atau senilai Rp89 miliar dari total Rp10,32 triliun.

"Kami akan meningkatkan alokasi dana KUR, khusus sektor kelautan dan perikanan, karena persentasenya paling kecil dibandingkan yang lainnya. Kami rencananya ekspansi bisnis pada 2017," kata Deputi Pemimpin Divisi Bisnis Usaha Kecil BNI Arif Sularso di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta pada Kamis, 16 Februari 2017.

Penyaluran KUR BNI terdiri atas sektor perdagangan, jasa-jasa, pertanian, industri pengolahan, selain kelautan dan perikanan. Pada 2016, penyaluran terbesar ada di sektor perdagangan yang sebesar 78 persen atau setara Rp8,06 triliun, disusul sektor jasa-jasa sebesar 11 persen atau setara Rp1,09 triliun. Lalu, sektor pertanian sebesar tujuh persen atau setara Rp696 miliar. Kemudian, sebesar tiga persen untuk industri pengolahan senilai Rp373 miliar.

Arif menyebutkan, pada 2017, target BNI di sektor kelautan dan perikanan sebesar Rp575 miliar atau setara lima persen dari total target penyaluran KUR 2017 sebesar Rp12 triliun.

"Kami telah menyiapkan skema pembiayaan sebagai strategi untuk mencapai peningkatan ini, yang bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan," ujarnya, sebagaimana dikutip dari viva.co.id.

Strategi tersebut seperti adanya skema pembiayaan investasi diberikan kepada nelayan untuk keperluan pembelian kapal dan peralatan, seperti jaring tangkap. Selanjutnya, skema kepada nelayan untuk keperluan modal kerja.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index