Senin, buruh demo serentak di 20 provinsi

Senin, buruh demo serentak di 20 provinsi
ilustrasi

Riauaktual.com - Puluhan ribu buruh berencana menggelar aksi besar-besaran secara serentak di 20 provinsi pada Senin (06/02/2016) untuk memprotes kehadiran tenaga kerja asing (TKA) Cina yang mendapatkan bayaran jauh lebih besar dari pekerja lokal.

Selain di Jakarta, buruh juga akan menggelar unjuk rasa di beberapa provinsi besar lain seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, dan Sumatera Utara. Aksi akan dipusatkan di depan kantor gubernur masing-masing. Sementara untuk buruh Jabodetabek, unjuk rasa dilakukan di depan Istana Merdeka dan Mahkamah Agung.

"Puluhan ribu buruh mengepung istana karena merasakan ancaman banyaknya TKA Cina ilegal ketika lapangan pekerjaan sempit dan daya beli buruh menurun akibat upah murah melalui PP 78/2015," ujar presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, sebagaimana dikutip dari rimanews hari ini.

Said mengaku miris dengan kondisi saat ini. Kata dia, upah buruh tahun 2017 ini hanya naik US$ 10-20 setara Rp 133 ribu - Rp 266 ribu per bulan, seharga satu kebab di Eropa, sedangkan TKA Cina ilegal ada yang dibayar Rp 10 juta per bulan.
Disamping itu, buruh juga akan memprotes kenaikan tarif listrik, cabe, dan beberapa kebutuhan pokok lain serta langkanya bahan bakar jenis premium.

"Apalagi hal ini sangat dirasakan oleh jutaan buruh outsourcing yang tidak dipedulikan nasibnya oleh pemerintah," terang Iqbal.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index