HOT TOPIC

Meski sudah dilantik, pejabat baru Bengkalis harus hati-hati

Dibaca: 12049 kali  Jumat,30 Desember 2016 | 13:25:46 WIB
Meski sudah dilantik, pejabat baru Bengkalis harus hati-hati Ket Foto : Bupati menyalami pejabat yang baru dilantik

BENGKALIS (RA) -  Bupati Bengkalis Amril Mukminin akan terus mengevaluasi kinerja 30 pejabat yang baru dilantik, Jumat (30/12/2016). Evaluasi secara kumulatif, sejak jabatan sebelumnya yang diangkat berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2007 sampai kinerja pasca dikukuhkan untuk dilantik.

“Untuk itu bisa saja dalam waktu dekat dan jika memang diperlukan, maka sesuai kewenangan yang dimiliki, kami dapat melakukan pemindahan dalam jabatan, dengan cara melakukan uji kompetensi terhadap seluruh pejabat yang dilantik hari ini. Tentunya uji kompetensi akan dilakukan panitia seleksi yang dibentuk dengan Surat Keputusan Bupati Bengkalis dan dibantu tenaga assessor dari assessment center yang ditunjuk,” ungkap Bupati Bengkalis Amril Mukmin usai melantik 30 pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Dikatakan Amril Mukminin, berdasarkan hasil uji kompetensi tersebut, tidak tertutup kemungkinan, terjadi pergeseran posisi. Atau bahkan ada pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang turun posisinya menjadi Pejabat Administrator, diangkat ke dalam jabatan fungsional tertentu, atau bahkan menjadi staf biasa. Tentunya jika hasil uji kompetensi dimaksud merekomendasikan demikian.

“Hal ini kami sampaikan agar diantara kita tidak ada dusta. Karena dalam hidup ini semua serba mungkin, bukan hanya serba tidak mungkin, sebagaimana juga dengan pelantikan yang dilakukan hari ini yang awalnya tentu ada yang menduga tidak mungkin,” ujar suami Kasmarni.

Meskipun demikian, kata Amril, dirinya berupaya semaksimal mungkin, agar seluruh pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang baru dilantik, tetap dalam jabatan serupa, meskipun dipindahkan pada perangkat daerah lain.

Ditegaskan Amril, pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pegawai aparatur sipil negara dalam jabatan, merupakan hal biasa dibenarkan peraturan perundang-undangan, serta menjadi kewenangan pejabat pembina kepegawaian. Tujuannya, agar organisasi tersebut semakin kuat, efektif dan efisien. begitu pula dengan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama  yang dilakukan hari ini.

Kepada pejabat baru dilantik, Bupati Bengkalis menggantungkan asa yang sangat besar, agar amanah yang diberikan ini, benar-benar berkontribusi positif bagi percepatan peningkatan kinerja, sehingga baik itu penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, serta pelayanan masyarakat, berjalan semakin baik. Apalagi tuntutan masyarakat terhadap peningkatan kualitas kinerja pns sebagai pegawai aparatur sipil negara, kian hari semakin besar.

“Sebagaimana kita maklumi bersama, setiap pns yang diberi amanah dalam sebuah jabatan, eksistensinya sebagai seorang pemimpin. Lebih-lebih untuk pejabat pimpinan tinggi pratama  yang hari ini dipercaya untuk mengembang kepercayaan dimaksud,” ujar Amril. (put)


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
shadow