Pengajuan Pencairan Menumpuk, Kasda Kosong

Pengajuan Pencairan Menumpuk, Kasda Kosong
ilustrasi

SIAK (RA) - Akibat lambannya dana dari pusat masuk ke kas Daerah, menyebabkan kas menjadi kosong. Kondisi ini cukup membuat Daerah kelabakan, sebab desakan permintaan pencairan dari SKPD terus berjalan.

"Administrasi pengajuan permintaan pencairan dari sejumlah SKPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak yang telah diterima oleh  DPPKAD sudah cukup banyak dan sudah mulai menumpuk berkasnya. Persoalannya, kas daerah masih kosong," ucap Kepala DPPKAD Kabupaten Siak, H Rahmatullah SSos MSi melalui Sekretaris Drs H Rozali Jaya MSi ketika dihubungi RiauAktual.com lewat sambungan telponnya, Rabu (28/9).

Menurut dia, tak ada yang bisa diperbuat, karena kas daerah benar-benar kosong. "Sudah seperti ini kondisi keuangan yang terjadi saat ini. Sebenar Pemerintah Daerah juga serba sulit mau bayar sementara duit tidak ada," ucapnya.

Kalaupun ada uang yang masuk ke kas daerah, terkadang besarnya jauh dari harapan. Sehingga pihaknya harus bisa melakukan pencairan dengan melakukan penyesuaian anggaran, mana yang harus dibayar duluan.

"Selama ini konsep pengaturan seperti itu yang terus kita lakukan, sebab kalau berdasarkan jumlah yang mengajukan permintaan  pencairan cukup banyak dan bertambah terus. Akan tetapi kalau sudah kondisi keuangan yang terjadi seperti ini, tidak ada jurus ampuh yang bisa mengatasinya terkecuali jurus bersabar," pungkasnya. (jas)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index