Menhan: Pemerintah Tidak Keluarkan Sepeser Pun untuk Bebaskan Sandera

Menhan: Pemerintah Tidak Keluarkan Sepeser Pun untuk Bebaskan Sandera
Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu saat memberikan keterangan seputar peristiwa penyanderaan Tujuh WNI oleh kelompok Abu sayyaf, di kantor Kemenk
NASIONAL (RA) - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, Pemerintah Indonesia tidak mengeluarkan uang sepeser pun dalam membebaskan sandera di Filipina. Ketiga sandera yang berhasil dibebaskan, menurut Ryamizard, atas keberhasilan tentara Filipina dan Front Nasional Pembebasan Moro.
 
"Yang jelas, Pemerintah Indonesia dan Filipina tidak boleh keluarkan satu sen pun untuk tebusan," ujar Ryamizard di Base Ops Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (18/9/2016).
 
Menurut Ryamizard, dengan tidak berkompromi dengan kelompok penyandera, Pemerintah membuktikan bahwa Indonesia adalah negara besar yang berdaulat.
 
Sekali pun ada pihak keluarga atau simpatisan yang menyerahkan dana dan bantuan kepada kelompok penyandera, Indonesia tidak akan membayar tebusan.
 
"Kalau kami turuti, berarti kami dibawah tekanan mereka, gengsi dong, masa kelompok kecil menekan negara besar?" Kata Ryamizard.
 
Saat ini, baru tiga warga negara Indonesia yang dibebaskan kelompok Abu Sayyaf. Sementara, satu WNI lainnya yang ikut disandera, masih dalam proses pembebasan.
 
Rencananya, para sandera yang telah dibebaskan akan dipulangkan dalam waktu cepat.(kompas.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index