Berat badan turun drastis? Cegah kulit kendur dengan 6 cara ini

Berat badan turun drastis? Cegah kulit kendur dengan 6 cara ini
Ilustrasi kulit kencang.

RAGAM (RA) - Penurunan berat badan secara drastis biasanya berdampak pada penampilan kulit. Kulit jadi tampak kendur dan menggelambir. Kita jadi kehilangan rasa percaya diri, karena penampilan jadi kurang prima.

Beberapa orang memilih operasi plastik untuk mengencangkan kembali kulit yang longgar. Namun tentunya solusi ini tidak terjangkau untuk semua orang. Masih ada beberapa cara lain yang bisa ditempuh untuk mengatasi kulit menggelambir setelah penurunan berat badan secara drastis.

1. Pemijatan

Pijat area kulit yang terasa longgar dengan minyak esensial secara teratur. Perawatan ini berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengencangkan kulit kembali. Gunakan minyak dengan kandungan pelembap tinggi seperti minyak castor, minyak kelapa, atau minyak zaitun.

2. Gunakan pelembap

Untuk mendapatkan elastisitasnya kembali, kulit juga butuh kelembapan yang cukup. Karena itu, gunakan pelembap di seluruh tubuh, minimal 2 kali sehari.

3. Minum air dalam jumlah cukup

Hidrasi dari luar saja tak cukup untuk mengembalikan kondisi kulit yang kendur. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh untuk meningkatkan kelembapan secara total.

4. Hindari paparan sinar matahari berlebihan

Paparan sinar UV (Ultra Violet) mampu membawa berbagai dampak buruk bagi kulit, antara lain flek hitam, penuaan dini, dan berkurangnya elastisitas. Untuk mencegah kerusakan lebih jauh, hindari paparan sinar matahari berlebihan.

5. Scrubbing

Selain pemijatan, scrubbing juga termasuk metode ampuh untuk mengembalikan elastisitas kulit. Gunakan gula pasir dengan butiran halus atau garam laut untuk membantu pengelupasan kulit mati dan merangsang peredaran darah.

6. Konsumsi makanan pembentuk kolagen

Kulit membutuhkan kolagen untuk memulihkan diri. Kolagen hanya bisa diproduksi oleh tubuh kita. Namun ada beberapa makanan yang dibutuhkan tubuh untuk dapat memproduksi kolagen secara maksimal, antara lain kacang-kacangan, minyak ikan, makanan yang mengandung lemak sehat, sayuran, vitamin A dan C, protein, dan makanan yang kaya akan zinc.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index