Manakah yang lebih menggemukkan, gula atau lemak?

Manakah yang lebih menggemukkan, gula atau lemak?
Ilustrasi gula pasir.
RAGAM (RA) - Anda sedang berupaya untuk menurunkan berat badan? Tentu saja Anda mencoba untuk rajin berolahraga dan berdiet untuk memerangi lemak di tubuh Anda.
 
Diet mempunyai tujuan untuk membatasi asupan kalori di dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan rendah gula, dua hal yang selama ini dianggap sebagai penyebab bertambahnya lemak di dalam tubuh.
 
Namun pertanyaannya, manakah yang lebih berbahaya bagi tubuh? Gula atau lemak?
 
Seperti dilansir dari appforhealth.com, lemak memberikan kalori dengan jumlah dua kali lebih banyak yaitu sekitar 9 kalori per gram dibandingkan dengan gula yang hanya memiliki 4 kalori per gram.
 
Namun kemudian diadakan sebuah penelitian yang melibatkan remaja yang mengonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi gula. Hasilnya makanan yang mempunyai zat gula yang tinggi akan mengaktifkan sel di dalam otak yang merangsang nafsu makan sehingga membuat mereka merasa ingin mengonsumsi makanan secara terus menerus yang berakibat dengan bertambahnya berat badan.
 
Dari penelitian tersebut maka bisa disimpulkan bahwa ternyata kedua zat makanan tersebut mempunyai dampak yang buruk bagi kesehatan. Makanan penuh gula akan merangsang nafsu makan Anda menjadi lebih besar sedangkan makanan penuh lemak juga berbahaya karena memberikan banyak kalori di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu batasi kedua zat makanan di atas jika Anda ingin program penurunan berat badan Anda berlangsung dengan sukses.(merdeka.com)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index