Yoga, cara terbaik bikin memori berkualitas super

Yoga, cara terbaik bikin memori berkualitas super
Ilustrasi yoga

RIAUAKTUAL.COM - Saat mendengar kata yoga, apa yang ada dalam pikiranmu? Apakah gerakan stretching untuk melenturkan tubuh? Atau latihan pernapasan dengan cara yang baik?

Well, apapun itu, yoga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Bahkan untuk kesehatan otak dan kemampuanmu dalam mengingat sesuatu.

"Mereka yang sering berlatih yoga memiliki tingkat kecemasan dan stres yang berujung pada depresi yang rendah. Mereka juga memiliki suasana hati yang baik. Peningkatan suasana hati ini sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mental yang berhubungan dengan otak dan memori.

"Bila kamu sering mengalami kecemasan serta stres, kamu akan mudah untuk kehilangan memori atau kemampuan untuk mengingat. Sebab sel otak sangat berhubungan dengan tekanan yang kamu rasakan," ujar penulis penelitian ini, Professor Helen Lavretsky dari University of California di Los Angeles.

"Hasil ini diketahui dari MRI yang dilakukan pada mereka yang rutin melakukan yoga. Olahraga menenangkan ini mampu membuat aktivitas otak berubah menjadi lebih baik. Yoga membuat kamu harus melakukan meditasi. Dan meditasi ini seakan mengembalikan puzzle atau potongan yang hilang di dalam otakmu. Sehingga kemampuanmu untuk mengingat akan meningkat tajam."

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index