Pencairan ADD Rp.66 Milyar Menunggu Perbup

Pencairan ADD Rp.66 Milyar Menunggu Perbup
ilustrasi

PELALAWAN (RA)  - Dalam waktu dekat, Dana Desa bagi Kabupaten Pelalawan dengan alokasi sebesar Rp 66 Milyar lebih akan digelontorkan ke 104 desa yang ada di daerah ini. Saat ini, ADD tersebut tengah dibuatkan Peraturan Bupati (Perbup)-nya dulu.

Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Pelalawan, Drs Zamhur, pada RR di Pangkalankerinci. Menurutnya, setelah dibuatkan Perbup-nya maka peraturan ini akan disosialisasikan terlebih dahulu ke para Kades.

"Ya, kemungkinan awal April ADD cair setelah Perbup selesai. Tapi kita akan sosialisasikan ke Kades," katanya.

Alokasi Dana Desa (ADD) ini, sambungnya, akan dicairkan langsung ke rekening desa. Besaran ADD tiap desanya bervariasi. Besaran Dana Desa itu sendiri, per desa akan berbeda-beda tergantung dari tiga kriteria yang ditetapkan. Ketiga kriteria itu diantaranya melihat dari jumlah penduduk, luas wilayah dan tingkat kemiskinan.

"Jadi memang berbeda-beda besaran Dana Desa yang kita berikan ke desa itu, tergantung dari tiga kriteria yang ditetapkan," ujarnya.
 
Ditanya soal pendamping desa di ADD ini, Zamhur mengatakan bahwa saat ini sudah ada pendamping ADD di tiap desa. Pendamping desa ini diseleksi langsung oleh Provinsi dan gajinya langsung dari pusat.

Laporan : JYP

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index