Ajukan Pendiri Pekanbaru Sebagai Calon Pahlawan Nasional, Pj Wako Bakal Temui Mensos RI

Ajukan Pendiri Pekanbaru Sebagai Calon Pahlawan Nasional, Pj Wako Bakal Temui Mensos RI
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa

Riauaktual.com - Pendiri Kota Pekanbaru, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Mu'azamsyah kembali diusulkan sebagai pahlawan nasional. Pengajuannya berlangsung pada momen HUT Pekanbaru ke-240.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa berencana menemui langsung Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini untuk membicarakan pengajuan tersebut. Ia ingin mengajukan kembali Marhum Pekan sebagai calon pahlawan nasional.

Dirinya bakal berdiskusi lebih lanjut dengan dinas terkait perihal langkah pengajuan Marhum Pekan menjadi pahlawan nasional.

"InsyaAllah langkah pertama adalah saya akan menyurati langsung ke Kementrian Sosial, ke ibu menteri," kata Pj Wako Risnandar Mahiwa, Jumat (28/6). 
Risnandar berencana menghadap langsung Menteri Sosial RI bersama Forkpimda serta keluarga atau kerabat Marhum Pekan. Ia menyebut pertemuan ini untuk audiensi langsung agar bisa menyampaikan rencana pengajuan itu.

Dirinya juga sudah menerima dokumen terkait Marhum Pekan dari Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru. Mereka sudah lakukan serangkaian kajian untuk pengajuan Marhum Pekan sebagai calon pahlawan nasional.

"Saya akan minta beraudiensi langsung dengan buk menteri agar bisa menjelaskan, biar kita tahu kendalanya dimana," ujarnya.

Apabila ada kekurangan tentu bakal dilengkapi agar mengetahui langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Proses pengajuan tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2021 silam.

Risnandar sudah melakukan ziarah ke komplek Makam Marhum Pekan. Ia menyebut bahwa ziarah itu untuk mendoakan pendiri Kota Pekanbaru.

Dirinya berdoa agar pendiri Kota Pekanbaru mendapat tempat terbaik di sisi Allah. Ziarah kali ini dalam rangka HUT Pekanbaru ke -240.

"Seluruh masyarakat Pekanbaru berterima kasih kepada para pendiri Pekanbaru," ujarnya.

Komplek Makam Marhum Pekan ada di Masjid Raya Senapelan. Makam tersebut jadi tempat peristirahatan terakhir bagi Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau dikenal dengan sebutan Marhum Pekan.

Sultan kelima di Kerajaan Siak ini merupakan sosok sangat termasyur karena merupakan satu pendiri Kota Pekanbaru. Beliau mendirikan sebuah sebuah pekan atau pasar baru.

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index