Komponen PJU Dicuri, Sejumlah Jalan Protokol di Pekanbaru Gelap Gulita

Komponen PJU Dicuri, Sejumlah Jalan Protokol di Pekanbaru Gelap Gulita
Ruas Jalan Jendral Sudirman gelap gulita akibat PJU padam beberapa waktu lalu

Riauaktual.com - Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah ruas jalan protokol padam. Akibatnya beberapa ruas jalan di Pekanbaru gelap gulita dampak tidak berfungsinya PJU di lokasi tersebut.

PJU padam akibat ulah oknum tidak bertanggung jawab. Mereka mencuri kabel hingga beberapa komponen PJU. Lokasi PJU yang jadi sasaran aksi pencurian di antaranya Jalan Jendral Sudirman.

Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Yos Sudarso serta ruas jalan lainnya. Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengaku geram dengan kondisi tersebut.

Dirinya memerintahkan agar segera memperbaiki PJU yang mengalami kerusakan. Oknum yang diduga mencuri kabel maupun komponen PJU juga harus ditindak.

Tim Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru langsung menindaklanjuti banyaknya PJU yang padam akibat aksi pencurian. Mereka pun melaporkan aksi pencurian itu kepada pihak kepolisian.

"Kami sudah memeriksa PJU yang padam, ternyata banyak kabel yang diputus oleh oknum tidak bertanggung jawab," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso, Rabu (15/5).

Menurutnya, kabel yang diputus tidak hanya kabel bawah tanah tapi juga kabel atas. Mereka segera melakukan perbaikan terhadap PJU yang hingga kini masih rusak.

Apalagi aksi serupa juga terjadi di ruas jalan lainnya. Ada di Jalan Riau tepatnya panel Mawar sampai Mal Ciputra dan kabel PJU di Jalan Riau ujung juga dicuri.

Kondisi serupa juga terjadi pada PJU di Jalan M.Yamin, Jalan Soetomo dan Jalan Melur. Aksi pencurian juga terjadi di PJU Jalan Soekarno-Hatta, Jembatan Siak I dan Jalan Parit Indah.

"Melihat kondisi ini, kita terus pengawasan secara rutin dan berkala, kita imbau masyarakat ikut menjaga PJU dari aksi pencurian," terangnya.

Dirinya mengatakan bahwa masyarakat bisa melaporkan aksi pencurian PJU ke Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Mereka bisa mencurigai orang yang mengaku petugas tapi tidak memiliki atribut dari dinas perhubungan atau PLN.

"Bisa laporkan ke kami, agar bsia kita tidanklanjuti. Jangan sampai ada lagi oknum tidak bertanggung jawab mencuri kabel PJU," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index