Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru Gelar Sosialisasi B2SA di GPM Bukit Barisan

Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru Gelar Sosialisasi B2SA di GPM Bukit Barisan
DKP Kota Pekanbaru menggelar Bimbingan dan Penyuluhan tentang penerapan pola konsumsi pangan B2SA bersamaan dengan pelaksanaan GPM di Halaman Masjid Raudhatus Shalihin, Jalan Bukitbarisan, Kecamatan Kulim.

Riauaktual.com - Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA), Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru menggelar acara Bimbingan dan Penyuluhan di Masjid Raudhatus Shalihin, Jalan Bukit Barisan, Kecamatan Kulim, pada Kamis (29/2/2024). Kegiatan tersebut juga sejalan dengan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang sedang dilaksanakan.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan DKP Kota Pekanbaru, Yarnengsih Alam, memimpin acara penyuluhan tersebut, dimana tujuannya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pola konsumsi pangan yang B2SA.

Menurut Yarnengsih, B2SA merupakan konsep yang lebih terukur dan sesuai dengan kebutuhan konsumsi masyarakat, berbeda dengan konsep sebelumnya yang dikenal dengan "4 Sehat 5 Sempurna".

B2SA tidak hanya berkaitan dengan aspek kesehatan setelah makan, namun juga merupakan upaya untuk meningkatkan ketersediaan dan konsumsi pangan yang bervariasi, bergizi seimbang, dan berbasis pada sumber daya lokal.

Dalam penyuluhan tersebut, Yarnengsih juga menjelaskan tentang pentingnya memilih makanan yang berkualitas bagi kesehatan. Beliau menegaskan bahwa penampilan fisik makanan tidak selalu mencerminkan kualitasnya.

Yarnengsih menekankan bahwa pemerintah memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang makanan yang layak dikonsumsi. Kualitas kesehatan suatu makanan harus menjadi prioritas sebelum dikonsumsi, dengan langkah awal yang sederhana seperti mencuci makanan dengan air yang mengalir.

Selama acara berlangsung, Yarnengsih Alam didampingi oleh Koordinator Penganekaragaman Konsumsi Pangan, Dewi Sri Rejeki Sukmela, dan Koordinator Keamanan Pangan DKP Pekanbaru, Ceria Dona Lagizasvera. (Adv)

#ekonomi

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index