Pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis Perlu Dukungan Daerah Pemekaran dari Bengkalis

Pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis Perlu Dukungan Daerah Pemekaran dari Bengkalis
Ilustrasi (internet).

Riauaktual.com - Pembangunan jembatan pulau Bengkalis – pulau Sumatera sepanjang 6,1 kilometer perlu dukungan dari berbagai daerah kabupaten dan kota di Provinsi Riau. Hal demikian seperti diungkapkan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Ruby Handoko kepada wartawan, Jumat (19/01/2024).  

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau di bawah Gubermur Edy Natar Nasution telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis terkait tindaklanjut rencana pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera perlu dukungan terutama kabupaten / kota pemekaran dari kabupaten Bengkalis,” ungkapnya. 

Ia menjelaskan pembangunan jembatan pulau Bengkalis- pulau Sumatera bukan dikarenakan tahun politik, keseriusan antara pemprov dan pemkab Bengkalis untuk menyatukan antar kabupaten / kota tentunya perlu mendapatkan dukungan serta apresiasi. 

“Untuk mewujudkan jembatan pulau Bengkalis- pulau Sumatera bukan hanya harapan masyarakat Bengkalis melainkan masyarakat Riau pada umumnya. Bahkan ingin meningkatkan perekonomian masyarakat Bengkalis. Bahkan informasinya untuk pembangunan jembatan pulau Bengkalis- Sumatera ini menjadi program prioritas Pemprov Riau ke pemerintah pusat. Apalagi jika didukung oleh Pemkab Siak , Meranti, Dumai dan sekitarnya, serta dana APBN kawasan terdekat, ini akan bisa terwujud," katanya. 

Selain itu, kata Ruby Handoko, menyarankan pemerintah juga bisa memanfaatkan dengan menjemput bolo dana bantuan luar negeri dan dana CSR perusahaan besar di Riau terutama di wilayah sekitar.

"Ini jadi PR bagi kita semua masyarakat Riau, salah satu agenda strategis yang monumental, membangun Riau mengingat anggarannya tak begitu besar kalau disinergikan, tentunya butuh sinergi antar kabupaten dan kota, apalagi di pulau Bengkalis memiliki pelabuhan Internasional dan dekat dengan negeri jiran yakni Malaysia,"katanya.

"Betul kata pak Gubernur, dari Bumi Bengkalis itu sudah dikeruk miliaran barrel, wajar saja kalau pemerintah memberi hadiah kepada masyarakat Bengkalis, dengan membuat jembatan. Semoga dalam waktu 5 tahun terwujud. Mari kita beri dukungaan penuh. Demi terhubungnya pulau-pulau demi kepentingan nasional dan Riau sendiri," katanya lagi. 

Selain itu, Ruby Handoko mengimbau kepada para capres saat ini, untuk mendengar aspirasi masyarakat Riau ini. "Sehingga nanti siapapun terpilih jadi presiden, mendukung langkah yang sudah disepakati Pemprov dan Pemkab ini," katanya.

Untuk diketahui, sebelumnya Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Gubernur Riau Edy Natar Nasution dengan Bupati Bengkalis Kasmarni, dan disaksikan Sekda Riau SF Hariyanto serta pejabat Pemprov Riau dan Pemkab Bengkalis.

Edy Natar Nasution mengatakan, pembangunan jembatan tersebut dapat tuntas dikerjakan selama lima tahun. Karena itu, ia berharap rencana pembangunan jembatan yang diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp7 triliun tersebut dapat dilanjutkan Gubernur Riau berikutnya.

"Kita menargetkan pembangunan jembatan tersebut bisa selesai satu periode kepemimpinan gubernur (lima tahun), siapapun itu nanti gubernurnya. Syukur-syukur lebih cepat dari itu tiga tahun," katanya.

Untuk itu, lanjut Edy Nasution, rencana pembangunan jembatan tersebut dimulai saat ini perencanaannya, sehingga nanti dapat dilanjutkan Gubernur Riau berikutnya.

"Makanya mulai sekarang kita dudukan rencana pembangunan jembatan ini, kita ingin mendudukkan siapapun gubernur dan bupatinya nanti agar rencana ini dapat dilanjutkan," harapnya.

Edy Nasution menyampaikan, pembangunan jembatan nantinya akan dilakukan dengan multiyears, sebab tidak mungkin bisa dibangun dengan satu tahun anggaran.

"Karena kebutuhan anggaran untuk jembatan itu cukup besar. Makanya kita berharap pembangunan jembatan ini dengan sistem sharing budget, ada sinergi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten," sebutnya.

"Sistem penganggarannya sharing budget. Saya yakin kalau kita bisa menyampaikan rencana pembangunan jembatan ini dengan baik, maka pemerintah pusat mau bersinergi," sambungnya.

Selain dengan Bengkalis, tambah Edy Nasution, kerjasama pembangunan Jembatan Bengkalis - Pulau Sumatera tersebut juga akan menggandeng Pemkab Siak.

"Kita juga akan menjalani kesepakatan dengan Pemkab Siak, sebab Siak nanti akan dilintasi menuju jembatan itu. Paling tidak mereka akan kita ajak menyiapkan jalur menuju ke penyeberangan," tutupnya.

#BENGKALIS

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index