Kunjungan Wisatawan Ke Pekanbaru Lebih Dari 1 Juta Orang

Kunjungan Wisatawan Ke Pekanbaru Lebih Dari 1 Juta Orang
ilustrasi. Net

Riauaktual.com - Para wisatawan yang berkunjung ke Kota Pekanbaru sepanjang 2023 ini sudah lebih dari satu 1 juta orang. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru mencatat ada peningkatan jumlah kunjungan dibandingkan tahun 2022 lalu.

Sekretaris Disbudpar Kota Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra mengatakan, para wisatawan yang berkunjung berasal dari wisatawan lokal maupun asing.

"Sudah jauh (meningkat), diatas 1 jutaan sampai 1,5 jutaan. Tapi ini belum final ya. Karena mungkin di Desember ini banyak lagi ini (jumlah kunjungan). Itu gabung (wisatawan lokal dan asing)," kata Ardiansyah Eka Putra, Rabu (13/12).

Meningkatnya jumlah kunjungan dikatakan Ardiansyah Eka Putra, mengacu kepada tingkat hunian pada hotel yang ada di Kota Pekanbaru.

"Kita mengacu kepada tingkat hunian. Karena yang namanya wisatawan itu adalah orang yang datang ke Pekanbaru dan menginap di Kota Pekanbaru. Jadi kita acuannya pada tingkat hunian," terangnya.

Disbudpar, lanjut Ardiansyah Eka Putra, akan berkoordinasi dengan BPS terkait dengan angka pasti jumlah kunjungan wisatawan.

"Untuk kunjungan sekarang kalau angka finalnya kita nanti koordinasi dengan BPS lagi ya. Tingkat hunian, kemudian jumlahnya. Kalau dari data kita dua tahun terakhir, Pekanbaru justru pada tahun 2023 ini jauh meningkat," ungkapnya.

Dirinya menilai meningkatnya jumlah kunjungan seiring dibukanya kembali mobilisasi pasca hantaman Covid-19. Pasca terpuruk dari pandemi Covid-19, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Kota Pekanbaru berangsur bergerak pulih.

Sejumlah lokawisata dan agenda wisata bergeliat dan kembali tumbuh menjadi kantung-kantung ekonomi. Destinasi wisata kuliner, pusat perbelanjaan, wisata atraksi buatan manusia, wisata halal, hingga wisata sejarah dan budaya kembali menyedot daya tarik wisatawan.

"Ini membantu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan. Kita berharap juga berdampak terhadap menggeliatnya perekonomian di Pekanbaru," pungkasnya. 

#PARIWISATA

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index