Hujan Abu Erupsi Semeru: Desa Supiturang Lumajang Mendadak Gelap

Hujan Abu Erupsi Semeru: Desa Supiturang Lumajang Mendadak Gelap
Warga Desa Supiturang Mengungsi Akibat Erupsi Semeru. ©2022 Merdeka.com

Riauaktual.com - Masyarakat Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang telah mengungsi ke daerah aman. Warga dari tiga dusun mengungsi pascaerupsi Gunung Semeru.

"Sudah kosong, semua warga Alhamdulillah sudah mengungsi semua," tegas Nurul Yakin, Kepala Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, sebagaimana dikutip dari Merdeka.com, Minggu (4/12).

Warga mengendarai sepeda motor, mobil, hingga truk mencari tempat aman. Abu vulkanik mengganggu jarak pandang dan membuat desa gelap.

"Ini masih terus turun abunnya," katanya.

Dua dusun terdekat dari puncak Gunung Semeru yakni Dusun Gumukmas dan Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, sudah kosong. Masyarakat saat ini mengungsi di beberapa titik seperti SMPN 2 Pronojiwo, SDN Supiturang IV, beberapa masjid di Supiturang. Beberapa warga juga memilih menumpang rumah kerabatnya.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam unggahan akun media sosialnya, menyatakan bahwa Pemerintah sedang menyiapkan langkah-langkah evakuasi.

Posko-posko evakuasi sudah disiapkan untuk mengantisipasi kondisi Semeru semakin buruk.

"Saat ini APG sudah melebihi gladak lerak proses evakuasi telah berjalan. Kami sedang mempersiapkan langkah darurat. Beberapa posko evakuasi dan tempat pengungsian sedang dipersiapkan," ujarnya.

Berita Lainnya

index