Piala Dunia Digelar Bulan Ini, Cek Tips Nonton Buat yang Pakai TV Analog

Piala Dunia Digelar Bulan Ini, Cek Tips Nonton Buat yang Pakai TV Analog
Piala Dunia 2022 Qatar. ©2022 Merdeka.com

Riauaktual.com - Piala Dunia atau World Cup 202 akan digelar di Qatar pada 20 November-18 Desember 2022. Pertandingan itu tentunya sudah ditunggu-tunggu para pencinta sepak bola di seluruh Tanah Air.

Nah, sebenarnya ada beberapa cara untuk menyaksikan pertandingan tersebut. Salah satunya adalah melalui siaran TV digital. Kali ini, Piala Dunia 2022 akan tayang di SCTV, Indosiar, Moji, dan Mentari TV. Semua kanal tersebut menjadi pemegang hak siar resmi untuk pertandingan sepak bola terbesar dunia ini.

Siaran Piala Dunia 2022 tergolong dalam free to air. Artinya, siaran ini dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat. Meski demikian, perlu dicatat bahwa Piala Dunia 2022 akan disiarkan di TV digital. Hal ini sejalan dengan program Analog Switch Off (ASO) yang dijalankan Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo sejak 2 November pukul 24.00 WIB lalu.

Penghentian siaran TV analog itu sudah berlaku di 222 titik, termasuk Jabodetabek. Bertahap, penghentian siaran ini ditargetkan akan diperluas hingga ke 514 titik di Indonesia.

Oleh karena itu, jika ingin menonton Piala Dunia 2022 lewat layar kaca, kamu perlu memiliki siaran TV digital lebih dulu. Tak perlu khawatir jika televisi yang kamu miliki masih berupa TV analog. Pasalnya, kamu tetap bisa menonton siaran TV digital melalui TV analog dengan bantuan alat yang bernama set top box (STB).

Set top box berguna untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara. Kemudian, gambar dan suara itu bisa muncul di TV analog. Adapun set top box TV digital sudah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2) yang menjadi standar TV digital di tanah air.

Lantaran tingginya kebutuhan set top box, alat bantu tersebut sudah banyak dijual di berbagai e-commerce. Bahkan, di e-commerce Shopee, kamu bisa menemukan promo Set Top Box Terlaris Diskon S/D 45%.

Tidak berdiri sendiri, sejatinya set top box pun masih perlu dilengkapi dengan antena TV digital. Sebabnya, setiap alat STB belum memiliki komponen antena atau penguat sinyal. Antena ini berfungsi sebagai penangkap atau penghubung sinyal antara pemancar dengan perangkat televisi.

Kamu tidak butuh antena khusus untuk TV digital, kok. Namun hal yang penting kamu perhatikan beberapa hal terkait antena yang kamu miliki di rumah. Jika antena TV kamu memiliki dua jenis tuner sekaligus, yakni tuner digital dan tuner analog, berarti TV kamu bisa menerima siaran TV digital dan analog.

Selain itu, perhatikan juga kemampuan antena dalam menerima very high frequency (VHF) atau ultrahigh frequency (UHF). VHF digunakan untuk kanal 2-13, sedangkan UHF digunakan untuk kanal 14-36. Sebaiknya, pilihlah antena TV digital yang mampu menerima keduanya.

Gimana, sekarang, kamu sudah tahu dan lebih paham apa itu set top box dan mengapa penggunaannya begitu penting, bukan? Yuk, segera beli set top box dan antena TV digital untuk menikmati tayangan Piala Dunia 2022 dengan lancar, ya!

 

 

 

Sumber: Merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index