Limosin Hongqi N701, Mobil Presiden China Xi Jinping yang Misterius

Limosin Hongqi N701, Mobil Presiden China Xi Jinping yang Misterius
Adu Istimewa Mobil Presiden Joe Biden dan Xi Jinping. ©Youtube/Kominfo TV

Riauaktual.com - Presiden China Xi Jinping menghadiri puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) KTT G20. Pemimpin negara komunis tersebut tiba di Bali menggunakan pesawat kepresidenan Air China. Jinpin dan rombongan tiba pada Senin (14/11) pukul 15.01 WITA.

Sama dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Jinpin juga memilih untuk menggunakan mobil kepresidenan ketimbang mobil listrik yang disiapkan Indonesia.

Terlihat orang nomor satu di Negeri Tirai Bambu itu keluar dari Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada pukul 15.26 WITA menunggangi limosin Hongqi N701 dengan pengawalan ketat dari pasukan China dan juga tim pengawal yang telah disediakan Indonesia.

"Untuk kedatangan kepala negara hari ini, itu Perdana Menteri Saudi Arabia, Perdana Menteri Kanada, Presiden China, Perdana Menteri Turki dan India. Dan Presiden Perancis," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali, Anggiat Napitupulu saat dihubungi, Senin (14/11).

Hal yang cukup menarik perhatian di sini adalah mobil yang digunakan untuk menjemput Presiden Xi Jinping. Dilansir carnewschina.com, limosin ini pertama kali diperkenalkan di China pada bulan Juli 2022. Desain N701 cenderung sleek dan discreet, dengan mengusung tampilan serba mewah. Bagian depan didominasi oleh grill bergaris vertikal besar yang menyambung ke lampu depan pipih. Bagian bawah bumper juga terlihat aksen krom memanjang.

Bagian samping mobil tersebut didesain dengan melanjutkan nuansa premiumnya menggunakan banyak warna krom, termasuk pelek bawaannya. Sektor ini juga menunjukkan bahwa N701 mempunyai bagian penumpang belakang lebih panjang dan besar.

Penggunaan warna krom juga diteruskan ke sektor buritan, mencakup lampu belakang dan bumper. Detail tampilan lainnya termasuk sepasang knalpot menyerupai bentuk trapresium dan antena sirip hiu di atapnya.

Desain serba premium ini sekilas terlihat merupakan hasil dari campuran berbagai mobil premium lainnya, seperti Toyota Century, Mercedes-Benz dan Rolls-Royce. Khusus merek yang ketiga bisa menjadi alasan kenapa Hongqi N701 cukup terlihat familiar sebagai mobil premium.

Aroma mobil Eropa begitu kental pada mobil Xi Jinping lantaran sang desainer berasal dari Inggris. Mengutip dari situs faw.com, Giles Taylor, mantan desainer Rolls Royce, sejak bulan September 2018 telah menjadi Global Vice President of Design and Chief Creative Officer (CCO) untuk brand Hongqi milik FAW di China.

Beberapa desain mewahnya tercerminkan pada produk Hongqi saat ini, mulai dari sedan Hongqi H9 hingga SUV elektrik Hongqi E-HS9.

Namun tidak ada informasi detail mengenai kemampuan N701 ini. Masih menjadi misteri mengenai tingkat keamanan maupun fitur keselamatan yang disematkan dalam bodi mobil.

 

 

 

Sumber: Merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index