Studi Banding, Gubri Kunjungi Maqari Quraniyah Madinatul Munawwarah

Studi Banding, Gubri Kunjungi Maqari Quraniyah Madinatul Munawwarah

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus menggesa pembangunan Quran Center di Kota Pekanbaru, Riau.

Ini merupakan komitmen Pemprov Riau dalam mencetak lahirnya para hafiz dan hafizah serta mengembangkan ilmu Al-Quran di Bumi Lancang Kuning.

Itu sebabnya, Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar sengaja meluangkan waktu untuk berkunjung ke Maqari Quraniyah (Quran Center) di Madinah Al Munawwarah, Saudi Arabia, pada Minggu (25/09/2022) waktu setempat.

Dikatakan Gubri, kunjungan tersebut merupakan salah satu cara mempersiapkan pembangunan hingga metode pembelajaran yang nanti diterapkan di Quran Center Provinsi Riau.

"Kami berkunjung ke sini dalam rangka study banding, dimana saat ini Provinsi Riau juga mempersiapkan Quran Center. Mudah-mudahan apa yang kami lihat di sini bisa kami contoh untuk pelaksanaan pembangunan Quran Center di Provinsi Riau,” ulasnya usai berkunjung.

Gubri menyebut bahwa kedatangannya bersama rombongan ke Maqari Quraniyah disambut hangat.

"Alhamdulillah kami diterima dengan sangat baik oleh beberapa Syekh. Kami juga melihat secara langsung adanya pemberian sanad kepada seorang mahasiswa yang sedang belajar di sini,” jelasnya.

Syamsuar mengaku sangat beruntung bisa mengunjugi tempat pembelajaran Al-Quran di Madinah itu.

Karena dari pertemuan dengan pihak Wakil Dewan Direksi Maqari Quraniyah, Dr Abdullah Al Jarullah, dapat terjalin kerjasama dalam bidang keagamaan, khususnya pembelajaran tentang Al-Quran.

“Dengan hadirnya kami di sini, kami banyak mendapatkan ilmu, mendapatkan manfaat, sekaligus kami menyambut baik dukungan pimpinan yang ada di sini dalam rangka bekerjasama untuk mensyi'arkan Al-Quran di bumi Melayu yang kita cintai,” katanya.

Abdul Al Jarullah juga sangat mengapresisasi visi besar Gubri Syamsuar dan mendoakan semoga visi yang sangat mulia ini segera terwujud dalam waktu dekat.

Maqari Qur’aniyah siap bekerjasama dengan Pemprov Riau. "Kami siap menjadi rujukan dalam pembelajaran dan hafalan Al-Quran yang benar sesuai yang diriwayatkan dari Rasulullah bukan saja di Indonesia bahkan di Asia Tenggara,” tegas Abdul Al Jarullah seperti ditirukan Gubri Syamsuar.

Lebih lanjut, ia berharap semoga dirinya dan beberapa pimpinan Maqari Qur’aniyah Madinah dapat hadir pada acara peresemian Qur’an Center di Provinsi Riau nantinya.

Dalam kunjungan tersebut, Gubri Syamsuar didampingi Kepala Biro Kesra Pemprov Riau H Zulkifli Syukur dan Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Provinsi Riau H Abdul Rasyid Suharto, serta beberapa akademisi dari Universitas Islam Madinah.

Sekedar info, saat ini sudah ada pelajar/mahasiswa asal Pekanbaru, Riau yang menuntut ilmu di Maqari Quraniyah Madinah bernama Abdul Aziz Muhammad Hasbi.

Berita Lainnya

index