Tutupi Hutang Rp70 Miliar, Pemko Pekanbaru Pangkas Sejumlah Kegiatan

Tutupi Hutang Rp70 Miliar, Pemko Pekanbaru Pangkas Sejumlah Kegiatan

Riauaktual.com - Hutang Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih ada sebesar Rp70 miliar. Jumlah ini tercatat pada kegiatan tunda bayar tahun 2021 lalu.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Muhammad Jamil mengatakan, tunda bayar tersebut bakal segera diselesaikan pada tahun ini. Pemerintah Kota bakal menyelesaikan dalam APBD-Perubahan tahun 2022.

"Tinggal Rp70 miliar lagi, tapi itu sisa yang sifatnya tidak kontraktual. Yang kontraktual kita sudah selesaikan," ujar Muhammad Jamil, Jumat (16/9/2022).

Menurutnya, APBD-P tahun ini (kegiatan) dikurangkan untuk menutupi kegiatan tunda bayar 2021. Ada sejumlah kegiatan yang tidak prioritas dipangkas atau dihilangkan tahun ini guna menutupi tunda bayar tahun lalu.

"Kita melihat kegiatan tidak prioritas akan kita kurangkan. Kemudian ada anggaran rutin dari OPD yang kita ambil untuk menutup tunda bayar ini," terangnya.

Jika dari jumlah itu tidak juga cukup untuk menutupi tunda bayar, dikatakan Jamil ada rencana diambil dari OPD yang memungut PAD untuk menajamkan lagi pendapatan. Seperti Bapenda, dan retribusi lainnya.

"Berapa sanggup mereka untuk APBD-P ini menambah pendapatannya," pungkas Jamil.

Berita Lainnya

index