Disdukcapil Pekanbaru Luncurkan Aplikasi Penerbitan Dokumen Pasca Melahirkan

Disdukcapil Pekanbaru Luncurkan Aplikasi Penerbitan Dokumen Pasca Melahirkan
Kepala Bidang Pelayanan Disdukcapil Kota Pekanbaru, Murdinal Guswandi

Riauaktual.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, meluncurkan aplikasi administrasi kependudukan pasca melahirkan. Aplikasi ini nantinya dapat digunakan masyarakat untuk penerbitan dokumen kependudukan.

Kepala Bidang Pelayanan Disdukcapil Kota Pekanbaru, Murdinal Guswandi mengatakan, aplikasi ini diberi nama Kado Camer atau singkatan dari Kerjasama Penerbitan Dokumen Akta Pasca Melahirkan.

Dimana aplikasi ini dikhususkan untuk pelayanan online dalam pembuatan akta kelahiran, perubahan Kartu Keluarga (KK) dan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Aplikasi Kado Camer merupakan aplikasi kerjasama Disdukcapil dengan sejumlah rumah sakit yang ada di Pekanbaru," kata Murdinal, Rabu (31/8/2022).

Menurutnya, melalui aplikasi ini pihak rumah sakit bisa langsung mengirimkan berbagai dokumen untuk pembuatan akta kelahiran pasien mereka secara online kepada Disdukcapil Kota Pekanbaru.

Maksimal dalam waktu tiga hari, akta kelahiran berikut juga KIA dan juga KK sudah bisa dibawa pulang oleh ibu yang usai melahirkan.

"Aplikasi ini merupakan yang terbaru dari Disdukcapil guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ulasnya.

Murdinal mengaku, saat ini ada 29 fasilitas kesehatan yang sudah berkerjasama dengan Disdukcapil Kota Pekanbaru dalam pemanfaatan aplikasi Kado Camer. Diantaranya 7 klinik dan 21 rumah sakit serta sisanya beberapa Puskesmas.

Berita Lainnya

index