Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Lomba Burung Berkicau

Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Lomba Burung Berkicau
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (DOK.DPR)

Riauaktual.com - Ketua MPR RI  Bambang Soesatyo bersama pencinta binatang Irfan Hakim mengapresiasi pelaksanaan lomba burung 
berkicau kalikedua memperebutkan Piala Ketua MPR  di komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (28/8/2022).

Bamsoet mengatakan lomba burung berkicau merupakan manifestasi nyata dari visi MPR sebagai rumah kebangsaan, rumah bagi segenap anak bangsa dan seluruh elemen masyarakat, termasuk komunitas pecinta burung.

"Penyelenggaraan ajang kontes burung di satu sisi dapat menjadi wadah penyaluran hobi yang telah lama menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia sejak tahun 1970-an, " kata Bamsoet saat membuka lomba.

Di sisi lain kata Bamsoet, penyelenggaraan lomba burung berkicau juga melibatkan peran serta banyak UMKM, sehingga berdampak nyata pada perekonomian rakyat. "Belum lagi dari aspek edukasi kepada masyarakat, untuk lebih mencintai satwa khususnya burung, hingga terlibat aktif dalam kegiatan penangkaran," ujar Bamsoet.

Bamsoet menjelaskan, kegiatan penangkaran burung penting, karena meskipun Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman hayati yang kaya dengan 1.812 spesies burung, namun Indonesia juga menjadi negara dengan jumlah spesies burung terancam punah terbanyak di dunia, sekitar 177 spesies atau 12 persen dari keseluruhan burung terancam punah di dunia.

Kegiatan lomba burung berkicau kali ini terasa istimewa, setidaknya karena dua hal. Pertama, dari banyaknya peserta yang mengikuti lomba dengan total 1.600 burung dari komunitas pecinta burung  berbagai wilayah, yaitu Sumatra, Jakarta, Jabar, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

"Kedua, karena lomba pada hari ini digelar sekaligus bersamaan dengan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI," kata Bamsoet.

Berita Lainnya

index