Rencana Pemindahan Pedagang Terminal BRPS Terkendala

Rencana Pemindahan Pedagang Terminal BRPS Terkendala
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut

Riauaktual.com - Rencana pemindahan pedagang Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) ke kawasan Pasar Induk Pekanbaru masih terkendala. Ada permasalahan antara pengembang Pasar Induk dengan masyarakat tempatan. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, rencana pemindahan pedagang ini tetap berlangsung. Namun pengembang, yakni PT. Agung Raffa Bonai terlebih dahulu menyelesaikan permasalahan dengan warga tempatan. 

"Rencana itu (pemindahan) tetap, kan di lapangan ada persoalan dengan masyarakat setempat. Jadi kita selesaikan dahulu masalah itu yang menyebabkan titik gangguan ke masyarakat," ujar Ingot, Selasa (14/6/2022). 

Menurutnya, ada sekitar 200 pedagang di kawasan Terminal BRPS yang bakal dipindahkan ke kawasan Pasar Induk. Mayoritas pedagang ini adalah pedagang sayur dan bahan pokok. 

Mereka bakal ditempatkan di tempat penampungan sementara di halaman Pasar Induk, menjelang pembangunan bangunan utama Pasar Induk tuntas. 

Proses pembangunan Pasar Induk di Jalan Soekarno-Hatta dihentikan sementara. Penghentian ini berkaitan dengan permasalahan drainase yang yang dibangun oleh pihak pengembang PT. ARB. 

Pembuatan drainase tersebut sangat penting agar limbah dari Pasar Induk tidak mengganggu lingkungan masyarakat.

Penghentian pembangunan hanya pada bagian-bagian yang dinilai akan berdampak kepada masyarakat sekitar apabila tidak ada drainase.

"Bukan maksudnya diberhentikan secara keseluruhan. Memang ada keluhan masyarakat menyebut pembangunan tempat penampungan pedagang di BRPS itu akan berdampak kalau tidak ada drainase, pembangunan itu yang dihentikan sementara sambil mencari solusi dengan Dinas PUPR dan Perkim," jelasnya. 

Pembangunan yang dihentikan sementara itu berada pada bagian depan, untuk penampungan sementara pedagang yang ini di BRPS. Tapi untuk pembangunan inti dari Pasar Induk tetap lanjut dan tengah berproses pada bagian dalam.

Berita Lainnya

View All