Waspada! Hari Ini Ada 25 Wilayah Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

Waspada! Hari Ini Ada 25 Wilayah Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem
Foto: pixabay.com. Ilustrasi cuaca ekstrem

Riauaktual.com - Sebanyak 25 wilayah di Indonesia berpotensi dilanda cuaca ekstrem pada hari ini, Rabu (26/1/2022). Demikian prakiraan cuaca di Tanah Air yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir, guntur dan peningkatan angin kencang yang bisa mengakibatkan pohon tumbang, dan berpotensi tanah longsor dan banjir," demikian bunyi peringatan cuaca yang dikeluarkan BMKG Bidang Meteorologi.

Daftar peringatan dini BMKG untuk hari ini yakni ada di kawasan Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Lampung.

Cuaca serupa juga berpotensi di Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Suhu udara pada hari ini di Tanah Air berkisar mulai dari 21 derajat hingga 33 derajat celsius dengan kelembaban udara 55% sampai 100%.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari utara-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 8-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Jawa, Laut Flores, Perairan selatan NTT.

 

 

Sumber: BeritaSatu.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index