Din Syamsuddin (int)

Ketua Umum DN-PIM Sebut KLB Partai Demokrat Sebagai Tragedi Demokrasi

Sabtu, 13 Maret 2021 - 13:19:13 WIB Di Baca : 590 Kali


Riauaktual.com - Gerakan sepihak yang diklaim sebagai Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat, di Deli Serdang, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu, bukanlah peristiwa biasa. Peristiwa itu dianggap sebuah tragedi berdemokrasi di Tanah Air.

Demikian pandangan Ketua Umum DN-PIM Din Syamsuddin dalam acara Sarasehan Kebangsaan #41 Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (DN-PIM) bertajuk "Menyoal KLB Partai Demokrat yang Beraroma Kudeta" pada Kamis (11/3/2021).

"Bukan sekadar tragedi Partai Demokrat tapi ini tragedi demokrasi di Indonesia," kata Din Syamsuddin.

Din berpendapat, dalam KLB Deli Serdang itu terdapat aspek-aspek tertentu apabila dibiarkan akan menjadi preseden buruk bagi kehidupan perpolitikan nasional. Sebab, peristiwa yang kini dialami Partai Demokrat bisa saja menimpa partai politik yang lain.

"Semua partai dengan mudah bisa diintervensi dengan dalih KLB atau apapun. Dan jika preseden buruk ini berkembang tak mustahil parpol-parpol lain pun akan mengalami nasib serupa," tuturnya.

Atas dasar itu, Din menilai bahwa proses konsolidasi demokrasi di Indonesia masih belum menunjukkan yang ideal dan jauh dari amanat Pancasila.

"Amanat sila keempat Pancasila yakni Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan," katanya.

 

 

 

Sumber: BeritaSatu.com





Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index